Analisis Prediksi Pertumbuhan Penjualan UMKM Mikro Kuliner Berbasis Pembiayaan Syariah di Desa Kaliprau
DOI:
https://doi.org/10.35384/jkp.v21i2.651Keywords:
Mikro Kuliner, Pembiayaan Syariah, UMKM, Variabel IndependenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembiayaan syariah terhadap pertumbuhan penjualan UMKM Mikro Kuliner. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan metode survei. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah frekuensi pembiayaan, agunan, lama usaha, dan jenis pembiayaan (syariah dan konvensional). Variabel Independen adalah pertumbuhan penjualan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa frekuensi pembiayaan, agunan, dan lama usaha memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan penjualan UMKM Mikro Kuliner. Selain itu, UMKM Mikro Kuliner yang Memperoleh Pembiayaan Syariah cenderung mengalami pertumbuhan penjualan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang memperoleh pembiayaan konvensional. Hal ini disebabkan boleh beberapa faktor, seperti motivasi dan etika usaha yang lebih baik, aksesibilitas yang lebih mudah, dan pertumbuhan usaha yang berkelanjutan.
References
Afdhal, Moh Fakhrurozi, Syamsurizal, Robby Reza Zulfikri, Mursal, Burhanuddin Jauhari, and others, Sistem Ekonomi Islam, Cetakan Pe (Yayasan Tri Edukasi Ilmiah)
Gatur Susanta dan M. Azir Syamsuddin, cara mudah mendirikan dan mengelola UMKM, (Jakarta : Raih Asa Sukses, 2009), hal. 6
Del Rosa, Y., Idwar, I., & Abdilla, M. (2022). Literasi Digital UMKM Kuliner Kota Padang Sebagai Penggerak Pemulihan Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 24(1), 242-258.
Hafkhair, T.Fauqal Falah, ‘Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah ( Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Mandiri Bintaro Sektor III )’, Skripsi (Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an, 2018)
Harmoko, Ismail Kilwalaga, Asnah, Siti Rahmi, Vera Selviana Adoe, Dyanasari, and others, BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN (CV. Feniks Muda Sejahtera, 2022) Kementerian Koperasi dan UKM, Kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Menurut UU No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM.
Kementerian Koperasi dan UKM, Kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Menurut UU No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM.
Lili, P. (2022). Pengaruh Pembiayaan UMKM. Jurnal Ekonomi STIEP,7(1), 56-62.
Putra, T. T. D., & Setiawan, Y. (2024). Pengaruh Predatory Pricing, Sikap Konsumen dan Pemasaran Interaktif terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di TikTok Shop (Studi kasus UMKM kuliner di Jakarta Selatan). Jurnal Manajemen, 10(1), 69-82.
Salma, A. F. (2023). Pengaruh Pembiayaan Murabahah Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah).
Sarma, Mandira, ‘PENGARUH INKLUSI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI BANK ACEH SYARIAH SUTOMO KCP KOTA MEDAN’, Elgar Encyclopedia of Development, 2023, 246–49 <https://doi.org/10.4018/ijabe.2020100103>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Keuangan dan Perbankan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.







