Pengaruh Komunikasi, Kedisiplinan dan Iklim Organisasi Terhadap Prestasi Akademik di STIE Indonesia Banking School

Authors

  • Bintang Aditiya Pratama Indonesia Banking School
  • Deni Wardani Indonesia Banking School

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v10i3.599

Keywords:

organizational communication, organizational discipline, organizational climate, academic achievement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji “Pengaruh Komunikasi, Kedisiplinan dan Iklim Organisasi Terhadap
Prestasi Akademik DI STIE Indonesia Banking School (Studi Penelitian Organisasi Mahasiswa STIE
Indoensia Banking School)”. Variabel independent pada penelitian ini adalah komunikasi organisasi,
kedisiplinan organisasi dan iklim organisasi. Sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah prestasi
akademik. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan metode PLS atau Partial Least Square dengan
software SmartPLS 4.0. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner aplikasi google form untuk
mengumpulkan informasi responden. Sampel pada penelitian ini adalah anggota aktif organisasi mahasiswa
Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Hima Manajemen, Hima
Akuntansi, Hima Syariah yang berjumlah 92 mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa Komunikasi
Organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap Prestasi Akademik. Kedisiplinan Organisasi
berpengaruh signifikan dan positif terhadap Prestasi Akademik dan Iklim Organisasi berpengaruh signifikan
dan positif terhadap Prestasi Akademik.

References

Abubakar, F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa Effect of Interpersonal Communication Between Lecturer and Students of Learning and Achievement Motivation for Students. In Jurnal Pekommas (Vol. 18, Issue 1).

Aisyah, Mau, M., & Arianto, (2023). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antara Dosen dan Mahasiswa terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Vol. 6). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Akrong, G. B., Shao, Y., & Owusu, E. (2022). Evaluation of organizational climate factors on tax administration enterprise resource planning (ERP) system. Heliyon, 8(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09642

Atmaja, S., & Dewi, R. (2018). Komunikasi Organisasi (Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis). Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 192. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.234

Barseli, M., Sembiring, K., Ifdil, I., & Fitria, L. (2019). The concept of student interpersonal communication. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(2), 129–134. https://doi.org/10.29210/02018259

Dharmayana, I. Wayan., Masrun, Kumara, Amitya., & Wirawan, Yapsir. G., (2012). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) sebagai Mediator Kompetensi Emosi dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Volume 39, No. 1, hal: 76 – 94

Efendi, B. (2021). Dinamika Komunikasi (Telaah atas Sejarah, Perkembangan dan Pengaruhnya terhadap Teknologi Kontemporer).

Fahmi, H. Z., & Wardani, D. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus Pada PT. XYZ. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Perbankan, 9(1), 95–112.

Farida, U., & Hartono, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia II.

Firmansyah, D., Pasim Sukabumi, S., & Al Fath Sukabumi, S. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Second Edition.

Hardjana, A. (2006). Iklim Organisasi: Lingkungan Kerja Manusiawi.

Harianto, R. P., Zakiah, L., & Sumantri, M. S. (2024). Tingkat Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 165–173.

Herliana, N. M. (2018). Hubungan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah Dan Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa SMP Negeri Se-Kota Tasikmalaya. Journal Sport Area, 1–9.

Hidayat, W., Zuniarto, M. T., Dina Wachidah Septiana, & Prasetyo, B. (2023). Analisis Deskriptif Pengaruh Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Semarang. Progres Pendidikan, 4(3), 179–185. https://doi.org/10.29303/prospek.v4i3.397

Julianto, B., Yunara, T., & Carnarez, A. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Organisasi Professional: Kepemimpinan, Komunikasi Efektif, Kinerja, Dan Efektivitas Organisasi (Suatu Kajian Studi Literature Review Ilmu Manajemen Terapan). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 676–689. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5

Juniarti, Tri., A., Bayu Indra Setia, M., Helmi Nofrizal Fahmi, M., & Penerbit Pena Persada, S. C. (2021). Lingkungan Organisasi Dan Etos Kerja Dalam MSDM.

Kristiani, E., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar SIswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 197–211. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1027

Kusumasari, M. C., & Bagasworo, W. (2021). The Effect of Employee Performance Improvement Based on the Influence of Leader- ship on Organizational Culture and Work Motivation through Work Discipline ( Stud- ies on Employees of PT. X Branch of ABC Airport). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 7(2), 47–55.

Marta, J. D., & Triwijayanti, D. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. X. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 218–232.

Mulyadi, A., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Konformitas Terhadap Kedisiplinan Anggota Resimen Mahasiswa DI Sumbawa. Jurnal Psimawa, 4(1), 41–48. http://jurnal.uts.ac.id/index.php/PSIMAWA

Nainggolan, Romauli., (2017). Pengaruh Pengeluaran per Mahasiswa, Motivasi Belajar dan Tingkat Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol. 1, No. 1 : hlm 80-88

Nurfitriyanti, M. (2014). Pengaruh Kreativitas Dan Kedisiplinan Mahaiswa Terhadap Hasil Belajar Kalkulus. In Jurnal Formatif (Vol. 4, Issue 3).

Poerwati, T. (2018). Pengaruh Perilaku Belajar Dan Motivasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi DI Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang.

Pratiwi, S. S. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Riono, B. S., Syaifulloh, M., & Utami, S. N. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Rumah Sakit Dr. Soeselo Kabupaten Tegal. Syntax Idea, 2(4), 138–146.

Ruliyanti, B. D., & Laksmiwati, H. (2014). Hubungan antara Self-Efficacy dan Self-Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Matematika SIswa SMAN 2 Bangkalan.

Rusydayana, L. S., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar.

Saleh, M. (2014). Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga, Lingkungan Kampus Dan Aktif Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik. In Jurnal PHENOMENON (Vol. 4, Issue 2).

Sari, R. A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Nominal, 1(1), 125–139.

Sudarmaji, Y. R., Muljadi, Asih, Situ., (2023). Pengaruh Iklim Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Swasta Beryayasan Buddha Se Kota Tangerang. Jurnal Dhammavicaya Volume: VI Nomor: Halaman: 34-49.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suprihatini, T. (2017). Kompetisi Komunikasi Dosen Dan Konsep Diri Mahasiswa Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. http://www.researchgate.

Suwondo, Diah. Indriani., Sutanto, Eddy. Madiono., (2015). Hubungan Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Karyawan. Jurnal JMK, Vol. 17, No. 2, : Hal 135–144

Tute, K. J., Suryani, L., & Aje, A. U. (2020a). Pengaruh Iklim Kerja dan Kualitas Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar siswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1326–1335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.554

Tutriyanti, Dwi. Halima., (2015). Pengaruh Iklim Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Vol. 9 No 2 : Hal1118-1124

Warsito, H. (2009). Hubungan Anytara Self-Efficary Dengan Penyesuaian Akademik Dan Prestasi Akademik ( Studi Pada Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya ). In PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. IX (Issue 1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi

Wibowo, E. W. (2020). Analisis Pendidikan Karakteristik Religius, Peduli Sosial, Dan Peduli Lingkungan Terhadap Kedisiplinan (Studi Kasus Mahasiswa Administrasi Perkantoran Politeknik LP3I Jakarta). JURNAL LENTERA BISNIS, 9(2), 31–37. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.379

Zahara, E. (2018). Peranan Komunikasi organisasi Bagi Pimpinan Organisasi. Jurnal Warta , 1–8.

Zainuddin, M., Sawiji, H., & Murwaningsih, T. (2020). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Beajar Ilmu Organisasi Mahasiswa PAP FKIP UNS. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 4, 1–11.

Downloads

Published

2024-12-24
Abstract Views: 13 | File Downloads: 13