Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap Penggunaan Mobile Banking (Studi Penelitian pada Nasabah Bank BUMN)

Authors

  • Noviana Krisyani Kusumaningtyas STIE Indonesia Banking School
  • Deni Wardani STIE Indonesia Banking School

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v5i2.245

Keywords:

Technology Acceptance Model, kualitas informasi, kepercayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, kualitas informasi, dan kepercayaan terhadap sikap penggunaan mobile banking nasabah bank BUMN. Penelitian dilakukan menggunakan kuesioner online kepada nasabah pengguna mobile banking Bank BUMN di Jakarta Selatan, Tangerang, dan Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel berupa purposive sampling. Metode analisis data berupa analisis regresi berganda menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan mo-bile banking bank BUMN. Sedangkan kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan mobile banking bank BUMN.

References

Al-Gahtani, S. (2001). The Applicability of TAM Outside North America: An Empirical Test in the United Kingdom. Information Re-sources Management Journal, 14(3), 37-46. https://doi.org/10.4018/irmj.2001070104

Almalis, M. I. (2017). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Per-sepsi Biaya dan Kepercayaan terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Permatamobile Smartcx Pada Bank Permata di Surabaya. Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01). Retrieved from http://www.albayan.ae

Bank Indonesia. Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi oleh Bank Umum (2007). Indonesia.

Dahlberg, T., Mallat, N., & Öörni, A. (2003). Trust Enhanced Technology Acceptance Model Consumer Acceptance Of Mobile Payment Solutions, (January).

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Per-ceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319. https://doi.org/10.2307/249008

Diana, A., & Setiawati, L. (2011). Sistem Informa-si Akuntansi (1st ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, A. (2014). Aplikasi Technology Ac-ceptance Model Pada Minat Nasabah Untuk Menggunakan Internet Banking. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 3(2). https://doi.org/10.21831/nominal.v3i2.2695

Hall, J. A. (2013). Introduction to Accounting In-formation Systems (8th ed.). Canada: South-Western, Cengage Learning.

Ikatan Bankir Indonesia, & Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan. (2013). Memahami Bisnis Bank (1st ed.). Jakarta: Percetakan Grame-dia.

Istiarni, P. R. D. (2014). Analisis Pengaruh Per-sepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas terhadap Minat Penggunaan Ber-ulang Internet Banking dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 2014.

Mayasari, F., Kurniawati, E. P., & Nugroho, P. I. (2011). Anteseden dan Konsekuen Sikap Na-sabah dalam Menggunakan Internet Banking dengan Menggunakan Kerangka Technology

Acceptance Model (TAM) (Survey Pada Pengguna Klik BCA). Seminar Nasional Teknologi In-formasi &Komunikasi Terapan, 2011(Semantik).

Nasution, F. N. (2004). Penggunaan Teknologi In-formasi Berdasarkan Aspek Perilaku (Behavioral Aspect), 1-10.

Nurjanah, F. M. (2017). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi Informasi ter-hadap Penggunaan Internet Banking Oleh Nasabah (Studi Empiris Pada Bank BNI di Cabang Mercu Buana Tahun 2011-2015). Jakarta.

O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2011). Manage-ment Information Systems. (P. Ducham, Ed.) (10th ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Oktaviyati, A. W. (2012). Pengaruh Perceived Use-fulness, Kualitas Informasi, dan Perceived Ease of Use terhadap Kepuasan Pengguna Pembayaran SPP Online Mahasiswa Melalui Layanan

Downloads

Published

2022-01-21
Abstract Views: 929 | File Downloads: 878