Peran Penggunaan Internet Banking terhadap Kepuasan Nasabah Bank BCA (Studi pada Nasabah Pengguna Fasilitas M-BCA di Kota Depok)

Authors

  • Andilie Lily Wijanarto STIE Indonesia Banking School
  • Deni Wardani STIE Indonesia Banking School

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v6i1.228

Keywords:

penggunaan internet banking, kepuasan nasabah, kebebasan, kenyamanan dan keamanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh penggunaan Internet Banking terhadap kepuasan pelanggan m-BCA. Objek dari penelitian ini adalah Bank Central Asia (BCA), dan subjeknya adalah nasabah BCA di Kota Depok. Studi ini adalah analisis Deskriptif kuantitatif melalui pembelajaran data primer. Penelitian ini dilakukan dengan 3 variabel independen yaitu kebebasan, kenyamanan, dan kea-manan terhadap 1 variabel dependen yaitu kepuasan nasabah. Data diperoleh dengan mendistribusikan kuesioner kepada pengguna Internet Banking m-BCA yang menggunakan Google form kemudian diana-lisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan internet bank-ing m-BCA mempunyai efek yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, ada dua variabel yang mempu-nyai efek yang signifikan, yaitu kebebasan dan keamanan. Kebebasan memiliki dampak yang signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kemudian keamanan juga memiliki efek yang signifikan terhadap kepuasan nasabah. Satu-satunya variabel yang tidak memiliki efek yang signifikan adalah variabel kenyamanan. Oleh karena itu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, BCA harus meningkatkan kebebasan dan kea-manan pengguna m-BCA agar dapat memenuhi kepuasan nasabah .

References

Arga Satria Antasari, Kertahadi, R. (2013). Administration and business Journal. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 1.

Budisantoso, T. dan S. T. (2006). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

C. Loudon, Kenneth dan P. Loudon, J. (2005). Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital (Edisi Kedelapan). Yogyakarta: Andi Offset. Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Datta. (2010). Users’ adoption of e-banking services. Ournal of Business & Industrial Marketing.

Dendawijaya, L. (2005). Manajemen Perbankan. Firdous, S., & Farooqi, R. (2017). Internet banking service quality impact on customer satisfaction. The Journal of International Trade & Commerce, 9(3), 617-637. https://doi.org/10.16980/jitc.9.3.201306.617

Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang : UNDIP.

Hair, Joseph F, Black, William C, B. B. J. and A. R. E. (2010). Multivariate Data Analysis A Global Perspective.Seventh Edition. Pearson Education.

Hartawan, D. (2018). Pengaruh Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Palembang). I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 3(2), 149.

https://doi.org/10.19109/ieconomics.v3i2.1457

Imam, G. (2001). Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ismail, D. (2010). Akuntansi Bank Teori dan Aplikasi Dalam Rupiah. Jakarta: Media Group.

James F. Engel, Roger D. Blackwell, P. W. M. (1994). Perilaku konsumen, ahli bahasa FX. Jakarta: Binarupa Aksara.

Jogiyanto. (2002). Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kasmir. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kotler, K. (2012). Manajemen Pemasaran edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2000). Marketing Management. https://doi.org/10.4324/9780203357262

Malhotra, N. K. (2007). Marketing Research: An Applied Orientation, 5th Edition. Prentice-Hall, Inc, New Jersey, USA, 212.

Mila, K. (2017). Pengaruh layanan Internet Banking terhadap kepuasan nasabah.

Mts.Arief. (2007). Pemasaran Jasa dan Kualitas Layanan. Jakarta: Bayu Media Publishing.

O’Brien, J. A. (2005). Pengatar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial. In Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 1). Jakarta, Salemba Empat. Poon, W. C. (2008). Users’ adoption of e-banking services. Journal of Business & Industrial Marketing, 23(1).

Poon, Wai-Ching. 2008. User Adoption Of E-Banking Services: The Malaysian Perpective. Journal of Business & Indutrial Marketing. Vol. 23, No. 1, 2008

Raed Awamleh, C. F. (2005). Internet Banking: An empirical investigation into the extent of adoption by banks and the determinants of customer satisfaction in the United Arab Emirates.

Riswandi, B. A. (2005). Aspek Hukum Internet Banking. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Safitri, F. N. E. (2018). pengaruh layanan Internet Banking terhadap kepuasan nasabah Bank BNI di Madiun.

Sekaran, U. (2009). Researh Methods For Business. Jakarta: Salemba Empat.

SuharsiniArikunto. (1998). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunyoto, D. (2010). Uji KHI Kuadrat & Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

SyofianSiregar. (2014). Statistika Deskriptif untuk Penelitian : Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers.

Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran (ketiga). In Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardiana, W. (2002). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia.

https://www.bca.co.id/id/Tentang-BCA

Downloads

Published

2022-01-17
Abstract Views: 706 | File Downloads: 1092