Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction dan E-Customer Loyalty Pada Aplikasi Livin’ By Mandiri

Authors

  • Hana Nurdiana Indonesia Banking School
  • Edi Komara Indonesia Banking School

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v10i3.649

Keywords:

mobile banking, customer satisfaction, customer loyalty, banking, service quality, Bank Mandiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah E-Service Quality berpengaruh terhadap E-Customer
Satisfaction dan E-Customer Loyalty dalam menggunakan mobile banking Livin’ by Mandiri. Seperti yang kita tahu, mobile banking kini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat karena dianggap efektif dalam
melakukan transaksi keuangan sehari-hari. Peneliti menggunakan aplikasi Smart-PLS (Partial Least Square)
untuk mengolah data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Service Quality terbukti memiliki
pengaruh positif terhadap E-Customer Satisfaction dan E-Customer Loyalty dalam menggunakan mobile
banking Livin’ by Mandiri yang membuat pengguna mobile banking Livin' by Mandiri pada followers akun
Instagram @bankmandiri terus menggunakan mobile banking Livin' by Mandiri hingga saat ini.

References

Akbar, A., Pradana, M., Wardhana, A., & Adhiim, D. M. (2021). The Effect of E-Service Quality on E-Customer Loyalty of a Financial Technology Applications through E-Customer Satisfaction as Intervening Variable. Italienisch, 11(2), 496-501.

Al-Hawari, M. A. (2014). Does Customer Sociability Matter? Differences in Equality, ESatisfaction, and E-Loyalty between Introvert and Extravert Online Banking Users. Journal of Services Marketing, 538–546.

Aminsyah, I., & Yulianti, A. L. (2019). Pengaruh Website Quality, E-trust, E-satisfaction Dan Switching Barriers Terhadap E-loyalty (studi Pada Pengguna Itemku. com). eProceedings of Management, 6(2).

Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmojo, Jose. Juang. Tri., Widodo, Teguh. (2022). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Customer Loyalty melalui E-Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tiket.com. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik) Volume 13, Issue 1, Pages. 133-149

Augustinus, G, (2019). “Pengaruh Perceived Quality, Perceived Value Dan Brand Personality Terhadap Brand Loyalty Dari Produk Fashion Cotton- on Di Surabaya”, Jurnal strategi pemasaran, Vol 6 No 2, pp. 1–10

Berliana, M., & Zulestiana, D. A. (2020). Pengaruh E-Service Quality terhadap Customer Satisfaction dan Loyalty pada Pengguna Gopay di Indonesia. REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 4(2), 223-229.

Bressolles, G., Durrieu, F., & Deans, K. R. (2015). An examination of the online service- profit chain. International Journal of Retail & Distribution Management, 43(8), 727-751.

Budiman, A., Yulianto, E., & Saifi, M. (2020). Pengaruh e-service quality terhadap e- satisfaction dan e-loyalty nasabah pengguna mandiri online. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 1-11.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Finaka, A. W. (2023). Orang Indonesia Makin Melek Internet. Retrieved from indonesiabaik: https://indonesiabaik.id/infografis/orang-indonesia-makin-melek-internet#:~:text=Berdasarkan%20hasil%20survei%20Asosiasi%20Penyelenggara,sebanyak%20210%2C03%20juta%20pengguna

Fiqri, Ahmad. Fauzan., Octavia, Ade. (2022). Dampak E-service Quality, E-Trust dan Persepsi Resiko Terhadap Repurchase Intention yang Dimediasi E-Satisfaction dalam Menggunakan Aplikasi E-Commerce Dimasa Pandemic Covid-19 di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) Vol. 11 No. 03.

Ghozali, Imam. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (3 ed.). Universitas Diponegoro Semarang.

Giovanis, A. N., & Athanasopoulou, P. (2014). Gaining customer loyalty in the e-tailing marketplace: the role of e-service quality, e-satisfaction and e-trust. International Journal of Technology Marketing 6, 9(3), 288-304

Gounaris, S., Dimitriadis, S., & Stathakopoulos, V. (2010). An Examination of the Effects of Service Quality and Satisfaction on Customers’ Behavioral Intentions in E- Shopping. Journal of Services Marketing, 24(2), 142-156.

Grubb, A. (2000). Myth vs Reality in Financial Services: What your Customers Really Want. Deloitte Consulting

Hamdallah, A., & Aulia, P. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction dan E-Customer Loyalty Pada Pengguna Aplikasi myIndihome. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(3), 154-166.

Ho, C., & Lee, Y. (2007). The development of an e-travel service quality scale. Tourism Management, 28, 1434-1449.

Howcroft, B., & Durkin, M. (2000). Reflections on bank-customer interactions in the new millennium. Journal of Financial Services Marketing, 5(1), 9–20.

Hutubessy, Eline. O., Melmambessy, Simson., Gomies, Stevanus. Johan. (2024). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Harapan BCA Cabang Ambon. Jurnal Administrasi Terapan Vol. 3 No.1.

Indriastuti, H., Putri, A. N., Robiansyah, R., & Anwar, H. (2022). The Effect of E-Service Quality and E-Trust on Customer Loyalty and Mediating Customer Satisfaction of Internet Banking Users. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10(1), 24-34.

Jill, G. (2005). Customer Loyalty Menumbukan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lam, R., & Burton, S. (2005). Bank selection and share of wallet among SMEs: Apparent differences between Hong Kong and Australia. Journal of Financial Services Marketing, 9(3), 204–213.

Malhotra, N. K. (2009). Riset Pemasaran. Edisi ke empat jilid I. PT Indeks, Jakarta

Mayasari, S. (2023). BCA Masih Merajai Transaksi Mobile Banking Perbankan. Retrieved from Kontan.co.id

Nafiah, Kuwat. Lailatun., Trihudiyatmanto M. (2021). Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Brand Image dan Experiential Marketing. Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol. 9, No. 1.

Ngafifi, Muhamad. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 2, Nomor 1.

Pinto, P. A., & Paramita, E. L. (2021). Social media influencer and brand loyalty on generation Z: the mediating effect of purchase intention. Diponegoro International Journal of Business, 4(2), 105–115. https://doi.org/10.14710/dijb.4.2.2021.105-115

Prakosa, D., & Pradhanawati, A. (2020). Pengaruh e-trust dan e-service quality terhadap e-loyalty dengan e-satisfaction sebagai variabel intervening (studi kasus pada pengguna tokopedia di kota semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 457-464.

Purwati, Mega., Pradhanawati, Ari., & Hidayat, Wahyu. (2022). Pengaruh E-service Quality Terhadap E-Loyalty Dengan E-Sstisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna E-commerce Bukalapak). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 11, No. 2.

Rahmawaty, S., Kartawinata, B. R., Akbar, A., & Wijaksana, T. I. (2021). The effect of e- service quality and E-trust on E-customer loyalty through E-customer satisfaction as an intervening variable (Study on gopay users in bandung). n Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.

Ranjbarian, B., Sanayei, A., Kaboli, M. R., & Hadadia, A. (2012). An Analysis Of Brand Image, Perceived Quality, Customer Satisfaction and Repurchase Intention in Iranian Department Stores. Journal of Business and Management, 7(6), 40–48.

Revita, A. (2016). E-satisfaction dan e-trust mempengaruhi e-loyalty konsumen wanita dalam sosial media. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 1(4), 505-513.

Rowley, J. (2006). An Analysis of the e-service literature: Towards a Research Agenda. Internet Research, 16,3, 339-359.

Saragih, M. G. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Melalui E- Satisfaction (Studi Pada Pelanggan Toko Online Shopee Di Kota Medan). Jurnal Mantik, 3(1), 190-195.

Sari, K. (2022). Internet Banking: Perilaku Pencarian Variasi Dan Loyalitas Nasabah. Feniks Muda Sejahtera.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, Ainin., Lim C.H., Alice, Wee. (2005). Prospects and Challenges of E-Banking in Malaysia. The Electronic Journal on Information Systems in Developing Countries Vol. 22, No. 1 : Hal. 1-11.

Ulum, Faruk., Muchtar, Rinaldi. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay. Jurnal Tekno Kompak, Vol. 12, No. 2, hal. 68-72.

Veryani, Farida., Andarini, Sonja. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 12. No. 2. Hal. 125-131.

Wirapraja, A., Aribowo, H., & Setyoadi, E. T. (2021). The Influence of E-Service Quality, and Customer Satisfaction On Go-Send Customer Loyalty In Surabaya. Indonesian Journal of Information Systems, 3(2), 128-137.

Yonatan, A. Z. (2023, Juni 23). Menilik Perkembangan Pengguna Internet 2013-2023. Retrieved from data.goodstats.id: https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/menilik-perkembangan-pengguna-internet-2013-2023-uV8Ws#:~:text=Pengguna%20internet%20di%20tahun%202023%20telah%20mencapai%205%2C16%20miliar%20pengguna.

Zuliestiana, Dinda. Amanda., Setiawan, Annastya. Nursalma. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction dan Dampaknya Terhadap E-Customer Loyalty Pada Pengguna Aplikasi BCA Mobile. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 6 No. 2, Hal : 934-953.

Zeithaml, V., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2002). Service quality delivery through Web sites: a critical review of extant knowledge. Journal of the Academy of Marketing Science, 30(4). https://keuangan.kontan.co.id/news/bca-masih-merajai-transaksi-mobile-banking-perbankan

Topbrand-award. (2023). Komparasi Brand Index. Retrieved from Top Brand Award: https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=14&id_subkategori=227&tahun_awal=2019&tahun_akhir=2023&brand1=BNI%20Mobile brand2=m-Banking%20Mandiri&brand3=m-BCA

Downloads

Published

2024-12-24
Abstract Views: 35 | File Downloads: 33