Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Point Coffee di Kebon Besar Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.35384/jemp.v10i3.650Keywords:
pengaruh kualitas produk, pengaruh harga, keputusan pembelianAbstract
Keputusan pembelian merupakan tindakan yang dilakukan oleh konsumen dalam memilih barang atau jasa dari produsen atau penyedia tertentu dengan mempertimbangkan manfaat yang diperoleh. Pada umumnya, proses pengambilan keputusan pembelian cenderung mempertimbangkan dua aspek utama, yaitu kualitas produk dan harga. Konsumen lebih memilih produk yang memiliki kualitas baik dengan harga yang terjangkau. Jika kedua aspek tersebut sesuai dengan harapan, maka konsumen akan memutuskan untuk membeli produk tersebut, bahkan sangat memungkinkan untuk melakukan pembelian berulang. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Point Coffee di Kebon Besar Tangerang, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan. Berdasarkan hasil kuesioner, mayoritas responden adalah perempuan dengan rentang usia 21–30 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas produk (X1) dan harga (X2) terhadap keputusan pembelian konsumen di Point Coffee Kebon Besar, Tangerang.
References
Adyas, D., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda CBR150R Di Cibinong. 13, No. 1(1), 2615–8078. http://www.aisi.or.id
Al’asqolaini, M. Z., & Musthofa, A. J. (2020). Kualitas Produk dan Harga Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Konsumen Pada Rebana NS Di Kabupaten Gresik. 17(2), 240–252. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Anjarwati, S., Risdwiyanto, A., Deni, A., Hendrawan, L., Melati, Lusono, A., Flora, H. S., Christian, F., Lubis, D. S. W., & Iryanto, M. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif (P. T. Cahyono, Ed.). CV. Rey Media Grafika.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. 1, 1–9. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk (B. Nasution, Ed.). PT Inovasi Pratama Internasional.
Baihaky, S., Yogatama, A. N., & Mustikowati, R. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokkebi Snacks Malang. 1, No. 2, 85–104.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (1st ed.). Guepedia.
Dunakhri, S. (2020). Uji Reliabilitas dan Normalitas Instrumen Kajian Literasi Keuangan. 249–252. https://eprints.unm.ac.id/17802/
Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392
Evitha, Y., & HS, F. M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Terhadap Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produksi di PT. Omron Manufacturing Of Indonesia. Jurnal Logistik Indonesia, 3(2), 88–100. http://ojs.stiami.ac.id
Ferine, K. F., & Yuda. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Produk Fashion di Situs Online Shop. Selat Media.
Fujawati, E., Susnita, T. A., & Ratnasari, N. (2024). Strategi Harga dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen pada Industri Roti. Journal of Innovation in Management, Accounting and Business, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.56916/jimab.v3i1.537
Ghodang, H., & Hantono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Konsep Dasar & Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur dengan SPSS (F. Ghodang, Ed.; 1st ed.). PT. Penerbit Mitra Grup.
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. 2, 69–72.
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.
Harjono, W., & Tute, K. J. (2022). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Menggunakkan Metode Waterfall. SATESI: Jurnal Sains Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 47–51. https://doi.org/10.54259/satesi.v2i1.773
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode (C. S. Rahayu, Ed.). Hidayatul Quran Kuningan.
Hidayat, R. R., & Rayuwanto. (2022). The Influence of Price and Product Quality on The Purchase Decision Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. 3, No. 2(2), 105–116. http://jurnal.unda.ac.id/index.php/KEIZAI/index
Ichsan, R. N., & Karim, A. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Jasa Raharja Medan. 6(1), 54–57. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/729/524
Irsyandi, A., Fatimah, F., & Nursaidah, N. (2024). Analisis Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk (Studi Kasus pada Larissa Skincare Jember). Budgeting : Journal of Business, Management and Accounting, 5(2), 633–650. https://doi.org/10.31539/budgeting.v5i2.7935
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk, dan Endorse. 2(5), 604–630. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/568/340
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone OPPO. Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis, 1, No.1, 8–136.
Mardiayanti, M., & Andriana, A. N. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk serta Review Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 1091–1109. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.560
Mega Puspita, C., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, IX, 268–275. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/28079
Melpiana, E., & Sudrajat, A. (2022). Analisis Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada MS Glow Beauty. Management & Accounting Expose e-ISSN, x, No. x, 106–118.
Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1447/821
Mulyati, S., & Jaya, U. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian HP iPhone. WINTER JOURNAL, 1(1), 22–30. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+Kualitas+Produk+dan+Harga+Terhadap+Keputusan+Pembelian+HP+iPhone+di+Sukabumi&btnG=
Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjom,
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Nurliyanti, N., Susanti, A. A., & Hadibrata, B. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2
Pahmi. (2024). Kualitas Produk dan Harga Mempengaruhi Minat Beli Masyarakat. Nas Media Pustaka.
Pantouw, D. T. V., & Kurnia. (2022). Pengaruh Influencer Media Sosial Terhadap Brand Image Erigo. Inter Script: Journal of Creative Communication |, 4(2), 68–77.
Pasaribu, B., Herawati, A., Utomo, K. W., & Aji, R. H. S. (2022). Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis (A. Muhaimin, Ed.; 1st ed.). Media Edu Pustaka.
Pranandha, K. E. S., & Kusumadewi, N. M. W. (2022). Peran Word Of Mouth Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(3), 443. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i03.p02
Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Di Masa Pandemi Covid 19. 5(2), 202–208. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/15257/11947
Ratnasih, C., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Mie Sedaap Sserta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Perumahan Pekayon Bekasi Selatan. Oktober, 07(2), 1. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/manajemen/article/view/680
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Deepublish.
Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran (M. Nasrudin, Ed.; 1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.
Sahat, D., Manalu, T., Pertanian Bogor, I., Nabila, A., Institut, A., Bogor, P., Nurul, A., Pertanian, I., Fitriyani, B., Khairunnisa, B., Institut, S., & Shafwa, M. (2024). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kopi di Kopi Vokasi. Jurnal Sains Student Research, 2(3), 248–257. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1344
Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Tehadap Keputusan Pembelian Dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee. 1–18.
Sudaryana, B., & Agusiady, H. R. R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1st ed.). CV Budi Utama.
Wardah Robiah, D., & Nopiana, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME : Journal of Management, 5(1), 433–441. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.235
Wicaksono, R. A., Octavia, A. N., & Aprianto, M. S. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie Di Semarang. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(1), 423–432.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karina Azhar Chaerunnisa, Dhuha Safria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.