Penetapan Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen

Authors

  • Dhuha Safria Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v8i1.263

Keywords:

Merek, Harga, Minat Beli

Abstract

Tujuan penelitian ini guna memahami pengaruh variabel merek dan harga pada minat beli konsumen smartphone Oppo. Jenis penelitian yang dipergunakan ialah metode kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan mempergunakan kuesioner dengan skala likert kepada 40 responden. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu analisis regresi berganda, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji normalitas, uji realibilitas, uji validitas, uji F, uji t, dan koefisien determinasi dengan SPSS. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasanya merek dan harga berpengaruh signifikan pada minat beli smartphone Oppo. Hasil ini belum dapat digeneralisir karena kurang beragamnya responden secara rentang usia, perbedaan demografis dapat mempengaruhi hasil penelitian. Berdasarkan keterbatasan, saran untuk penelitian berikutnya yaitu mempergunakan responden yang lebih bervariasi serta meneliti variabel lainnya yang juga memengaruhi minat beli konsumen untuk melihat faktor mana yang paling berpengaruh.

References

.Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik Dalam Menetapkan Ukuran Sampel Pada Uji Hipotesis Statistika Beserta Analisis Butir. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Anwar, A.; Akram, S.; Sohail, F.; Gulzar, A.; Impact of trust, brand image, and a_ect on consumer brand extension attitude: The Mediating Role Of Brand Loyalty. Int. J. Econ. Manag. Sci. 2011, 1, 73–79.

DAM, T. C. (2020). Perceived Value On Purchase Intention, Brand Preference, Influence Of Brand Trust. The Journal of Asian Economics, Finance and Business, 7 (10).

Fan, X.; Chen, J. Measurement Of Brand Image : A Brand Identity – Based Empirical Study And Integrated Model. 2002, 03, 65–71.

Fauziah, N., & Mubarok, D. A. (2019). Pengaruh Citra Merek Pada Minat Produk Kecantikan. Jurnal Riset Manajemen, 8 (1), 37 – 44.

Imalia, I., & Aprileny, I. (2020). Pengaruh Lokasi, Fasilitas, Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembelian Rumah Di Grand Nusa Indah Blok J, Cileungsi Pada PT. Kentanix Supra Internasional).

Kala, D., & Chaubey. (2018). D. Impact of electronic word of mouth on purchase intention and brand image towards lifestyle products in India. Pac. Bus. Rev. Int.

Keller, K. Managing, measuring, and conceptualizing customer-based brand equity. J. Market. 1993, 57, 1–22.

Kotler, P dan Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta : Erlangga

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta : Erlangga. Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung : CV Alfabeta.

Levrini, G., & Jeffman, D. (2021). The Influence of Price on Purchase Intentions: Comparative Study between Neurophysiological, Sensory, Cognitive Experiments. Behavioral Sciences, 11 (2), 16.

Ling, L., Perinpajothi, T., Fong, T. C., & Lang, P. (2014). Factors Affecting Purchase Intention Towards Smartphone Brand : A Study Of Young Female Adult Consumers (Doctoraldissertation,UTAR).

Mao, Y., Bonaiuto, M., Zhou, J., Du, Y., Liu, S., Luo, Y., & Lai, Y. (2020). Apple or Huawei : Understanding Flow, Purchase Intention, Brand Personality, Brand Identity, and Brand Image of Smartphone. Sustainability, 12(8), 3391.

Mirabi, V., Akbariyeh, H., Tahmasebifard, H. (2015). A study of Factors Affecting On Customers Purchase Intention. (JMEST), 2 (1).

Muljani, N., & Koesworo, Y. (2019). The Impact Of Price On Purchase Intention, Product Quality, Brand Image Of Smartphone. International Journal Of Research Cultrue Society, 99-103.

Piri, G., Ogi, I., & Mananeke, L. (2021). Analisis Faktor–Faktor Yang Memengaruhi Minat Beli Pelanggan Smartphone Samsung Galaxy A Di Chikal Celular Sukur Airmadidi. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis, 9 (1).

Qisthina, D. (2020). Influence Of Product Availability And Price On Consumer Purchase Intention To Buy Semen Tiga Roda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1).

RAI, B. (2021). Factors Affecting Smartphone Purchase Intention Of Consumers In Nepal. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 8(2), 465-473.

Salim, Y., & Widaningsih, S. (2017). Analisis Minat Beli Pelanggan Pada Program Kursus Bahasa Inggris Di Lembaga Kursus Bahasa Northern Lights Education Center (NLEC). Bandung : eProceedings of Applied Science, 3 (2).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

T. Tran. (2018). Factors Affecting The Purchase And Repurchase Intention Smartphones Of Vietnamese Staff. Int. J. Adv. Appl. Sci. 5 (3).

Wijayanto, G., Khoiriyah, K., & Jushermi, J. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Pada Keputusan Pembelian Produk Rumah Tangga Merek Tupperware Di Pekanbarus (Doctoral dissertation, Riau University).

Downloads

Published

2022-06-28
Abstract Views: 221 | File Downloads: 212