Pengaruh Media Sosial, Inovasi Teknologi Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner DI Cikaret, Cibinong, Bogor

Authors

  • Didin Solehudin BSI

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v9i3.456

Keywords:

Media Sosial, Inovasi Teknologi, Keunggulan Bersaing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh media sosial dan inovasi teknologi terhadap keunggulan bersaing pada UMKM kuliner di Cikaret, Cibininong, Bogor. Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan media sosial terhadap Keunggulan bersaing (2) Terdapat pengaruh yang signifikan inovasi teknologi terhadap Keunggulan bersaing dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan media sosial dan inovasi teknologi secara bersama-sama terhadap Keunggulan bersaing pada UMKM Kuliner di Cikaret, Cibinong,Bogor. Dalam penelitian ini metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : Terdapat pengaruh media sosail terhadap keunggualn bersaing. Kedua terdapat pengaruh inovasi teknologi terhadap Keunggulan bersaing. Ketiga terdapat media sosial dan inovasi teknologi secara bersama sama terhadap Keunggulan bersaing pada UMKM Kuliner Cikaret Cibinong Bogor.Keduanya menunjukan bahwa media sosial dan inovasi teknologi memberikan kontribusi pada Keunggulan bersaing pada UMKM Kuliner Cikaret,Cibinong, Bogor.

References

Anggiani, S. (2018). Kewirausahaan: Pola Pikir, Pengetahuan, Keterampilan (2 ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Ayuningrum, I. D. and Pangestuti, E. (2018) „Pengaruh Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dan KepuasanPengunjung Industri Pariwisata Di Kabupaten Bojonegoro‟, Jurnal Administrasi Bisnis, 60(1), pp. 195-203.

Aziz, N. N., & Samad, S. (2016). Innovation and Competitive Advantage: Moderating Effects of Firm Age in Foods Manufacturing SMEs in Malaysia. 256266

Dendi, D and Nurain, H. (2021), Pengaruh Inovasi rasa dan Media Sosial Terhadap keunggulan Bersaing UMKM Kulinier di “ Kecamatan Medan Denai Kota Medan”,pp. 122-130 Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor.(2019). Data Jumlah UKM Kecamatan Cibinong

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS23.

Haloho, E. et al. (2020) „Pengaruh Inovasi Produk Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada LIM ‟ S Cafe Kisaran‟, 5, pp. 0-14.

Hasan, S. (2014). Manajemen Strategik (1 ed.). Jakarta: Global Future Institute. Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Hasnatika, I. F. and Nurnida, I. (2019) „Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang‟, Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(3), pp. 1-9

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Muthaher, O., & Assegaf, M. (2014). Model Pengembangan Inovasi Teknologi Dan Kelembagaan Kemitraan Rantai Pasok Guna

Meningkatkan Daya Saing UKM. EKOBIS, 62-73.

Lulung, B and Yati.(2019), “Kewirausahan, Inovasi teknologi dan Keunggulan Bersaing pada UMKM Makan di Kecamatan Cibinong”, pp. 85-95.

Nasution, A. H., & Kartajaya, H. (2014). Inovas (1 ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed method). Bandung. Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung.Alfabeta.

Suryana. (2013). Ekonomi Kreatif (Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang). Jakarta: Salemba Empat.

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Indonesia (1 ed.). Jakarta: LP3ES.

Wilantara, R. F., & Susilawati. (2016). Strategi & Kebijakan Pengembangan UMKM (1ed.). Bandung: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2023-12-18
Abstract Views: 399 | File Downloads: 318