Pengaruh Media Sosial, Inovasi Teknologi Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner DI Cikaret, Cibinong, Bogor
DOI:
https://doi.org/10.35384/jemp.v9i3.456Keywords:
Media Sosial, Inovasi Teknologi, Keunggulan BersaingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh media sosial dan inovasi teknologi terhadap keunggulan bersaing pada UMKM kuliner di Cikaret, Cibininong, Bogor. Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan media sosial terhadap Keunggulan bersaing (2) Terdapat pengaruh yang signifikan inovasi teknologi terhadap Keunggulan bersaing dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan media sosial dan inovasi teknologi secara bersama-sama terhadap Keunggulan bersaing pada UMKM Kuliner di Cikaret, Cibinong,Bogor. Dalam penelitian ini metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : Terdapat pengaruh media sosail terhadap keunggualn bersaing. Kedua terdapat pengaruh inovasi teknologi terhadap Keunggulan bersaing. Ketiga terdapat media sosial dan inovasi teknologi secara bersama sama terhadap Keunggulan bersaing pada UMKM Kuliner Cikaret Cibinong Bogor.Keduanya menunjukan bahwa media sosial dan inovasi teknologi memberikan kontribusi pada Keunggulan bersaing pada UMKM Kuliner Cikaret,Cibinong, Bogor.
References
Anggiani, S. (2018). Kewirausahaan: Pola Pikir, Pengetahuan, Keterampilan (2 ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Ayuningrum, I. D. and Pangestuti, E. (2018) „Pengaruh Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dan KepuasanPengunjung Industri Pariwisata Di Kabupaten Bojonegoro‟, Jurnal Administrasi Bisnis, 60(1), pp. 195-203.
Aziz, N. N., & Samad, S. (2016). Innovation and Competitive Advantage: Moderating Effects of Firm Age in Foods Manufacturing SMEs in Malaysia. 256266
Dendi, D and Nurain, H. (2021), Pengaruh Inovasi rasa dan Media Sosial Terhadap keunggulan Bersaing UMKM Kulinier di “ Kecamatan Medan Denai Kota Medan”,pp. 122-130 Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor.(2019). Data Jumlah UKM Kecamatan Cibinong
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS23.
Haloho, E. et al. (2020) „Pengaruh Inovasi Produk Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada LIM ‟ S Cafe Kisaran‟, 5, pp. 0-14.
Hasan, S. (2014). Manajemen Strategik (1 ed.). Jakarta: Global Future Institute. Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Hasnatika, I. F. and Nurnida, I. (2019) „Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang‟, Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(3), pp. 1-9
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
Muthaher, O., & Assegaf, M. (2014). Model Pengembangan Inovasi Teknologi Dan Kelembagaan Kemitraan Rantai Pasok Guna
Meningkatkan Daya Saing UKM. EKOBIS, 62-73.
Lulung, B and Yati.(2019), “Kewirausahan, Inovasi teknologi dan Keunggulan Bersaing pada UMKM Makan di Kecamatan Cibinong”, pp. 85-95.
Nasution, A. H., & Kartajaya, H. (2014). Inovas (1 ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed method). Bandung. Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung.Alfabeta.
Suryana. (2013). Ekonomi Kreatif (Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang). Jakarta: Salemba Empat.
Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Indonesia (1 ed.). Jakarta: LP3ES.
Wilantara, R. F., & Susilawati. (2016). Strategi & Kebijakan Pengembangan UMKM (1ed.). Bandung: PT Refika Aditama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didin Solehudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.