Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Cometech Indonesia Jakarta

Authors

  • Didin Solehudin Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v8i3.346

Keywords:

kualitas layanan, harga, kepuasan konsumen

Abstract

Dalam berbagai kegiatan bisnis termasuk kegiatan penjualan di bidang alat-alat uji untuk quality control dan quality assurance, kepuasan konsumen adalah faktor yang sangat penting bagi keberlangsungan binis dimasa depan dan kemungkinan dapat mempengaruhi loyalitas konsumen. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian penjelasan yang menggunakan pendekatan data kuantitatif yang mengukur hubungan korelasi antara variabel dependen dan variabel independen. Dengan menggunakan instrumen berupa kuisioner serta penggunaan skala likert dalam mengukur setiap variabel Responden. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah membeli produk di PT. Cometech Indonesia minimal 1 kali pembelian atau lebih. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan sampel jenuh, yaitu sampel yang ditetapkan sesuai dengan jumlah populasi yang ada. Adapun tools yang digunakan dalam penelitian ini dalam mengelola data menggunakan aplikasi SPSS. Dihasilkan data empiris bahwa terdapat hubungan antara variabel kualitas layanan, harga terhadap kepuasan konsumen.

References

Alfian, I. (2017). Analysis of Effect of Quality Products, Price, Location, Service Quality, And Promotion on Customers Willingness to Buy Mie Petir Tenggarang Bondowoso. AT- TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2, 122- 145.

Andy, Raymound (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Promosi terhadap Kepuasan pelanggan Pada PT. Panca Daya Sukses. ISSN 2303-1174. Volume 8 No.1.

Andreas, Tambah. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Traveloka. Jurnal Ekobis 45 Vol. 1.

Donovan S., R., & Fadillah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 1-8.

Pratiwi, M. Y. & K. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu 2Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 6, 5.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202-2024

Purba, M. I., & Ginting, K. E. N. (2018). Pengaruh Harga, Pelayanan, dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Transportasi Online di Kota Medan. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 5(1), 63.

Savitri, Astrid. (2019). Revolusi Industri 4.0, Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0, Penerbit Genesis, Yogyakarta.

Sentiana, S. S. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 247-254.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-20
Abstract Views: 180 | File Downloads: 159