Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Indomaret Perumahan Graha Selaras Bogor

Authors

  • Didin Solehudin BSI

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v9i2.377

Keywords:

Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh harga, promosi, kualitas layanan terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Indomaret Perumahahan Graha Selaras. Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan (4) Terdapat pengaruh yang signifikan Harga, Promosi, Kualitas Layanan  secara bersama-sana terhadap Kepuasaan  dan berdampak  pada Loyalitas Pelanggan Pada PT. Indomaret Perumahan Graha Selaras Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan metode survai dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik statistik asosiatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : Terdapat pengaruh Harga terhadap kepuasan konsumen. Kedua terdapat pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Konsumen. Ketiga terdapat pengaruh Kualitas layanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Keempat terdapat pengaruh Harga, Promosi dan kualitas layanan secara bersama sama terhadap Kepuasan dan berdampak pada Loyalitas Pelanggan di PT. Indomaret Perumahan Graha Selaras. Ketiganya menunjukan bahwa Harga, Promosi dan Kualitas Layanan memberikan kontribusi pada Kepuasan Konsumen di PT. Indomaret Perumahan Graha Selaras.

References

Adi Juniantara., & Raka Sukawati, (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen: Jurnal Ekonomi Manajemen Unud, 7, 5955–5982

Christina, W. (2013). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Endang, Tjahjaningsih. 2013. Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap kepuasan

Fifin & Anindhyta, (20220). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitsa Pelanggan Dimediasi Kepuasan pelanggan Pada Konsumen Gojek. JUPE 08, 86-94.

Fandy Tjiptono, 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Salemba Empat. Jakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D.Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed method). Bandung. Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung.Alfabeta.

Sukirno, Zakaria dan Poerwanto. (2014). Komunikasi Bisnis. Penerbit. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Yulianto, I. (2016).“Pengaruh Promosi Penjualan, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen ( Studi Kasus Counter Handphone Di Shiba Communication )”. Jurnal. Universita Pandanaran Semarang.

Downloads

Published

2023-08-22
Abstract Views: 322 | File Downloads: 203