Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Sales PT. X

Authors

  • Catur Zulham Putranto Indonesia Banking School
  • Erric Wijaya Indonesia Banking School

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v10i1.526

Keywords:

Beban Kerja, Stres Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan, Penyedia Layanan Internet

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akhir-akhir ini memungkinkan segalanya berjalan dinamis dengan kecepatan yang cukup tinggi. Hal tersebut membuat kita harus beradaptasi dengan perkembangan dunia digital agar tidak tertinggal dalam memperoleh informasi. Di Indonesia, penggunaan internet sebenarnya sudah cukup masif sejak munculnya smartphone dan laptop sebagai penunjang kinerja oleh sebagian besar orang, dimana sekarang setiap orang dapat mengakses informasi global lebih cepat dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi PT X selaku peneyedia jasa internet tidak dapat menghadapi permintaan dari pada pelanggan yang berimbas kepada performa karyawan yang melakukan pelayanan kepada pelanggan dimana dipengaruhi oleh faktor seperti beban kerja, stres kerja dan motivasi kerjanya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan SEM berbasis Partial Least Square (PLS) dimana hasilnya adalah terdapat pengaruh yang positif signifikan terhadap Beban Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja karyawan dan untuk Stres Kerja terdapat pengaruh yang positif terhadap Kinerja Karyawan.

References

A.A Anwar Prabu Mangkunegara. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Aprilia, F. (2017). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Hal: 87-100.

Dhini, Rama Dhania. (2010). Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja. Kudus: Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi.

Hasibuan, Malayu S.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Julvia, Cristine. (2016). Pengaruh Stres Kerja Dan Konflik Kerja Tehadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Vol. 16, No. 1.

Maholtra. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation. USA: Pearson Education Inc.

Mukaromah, S., & Parmin. (2021). Analisis Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mitra Bisnis Keluarga Ventura Kebumen. Hal: 1-9.

Onsardi, S. (2020). Pengaruh Stres Kerja, dan Beban Kerja, terhadap Kinerja Karyawan. Hal: 83-98.

Warga Indonesia yang Mengakses Internet Meningkat dalam 5 Tahun Terakhir. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/08/warga-indonesia-yang-mengakses-

internet-meningkat-dalam-5-tahun-terakhir

Pitri, T. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Great Afarel Sukabumi. Hal: 48-67.

Prihatini. (2007). Analisis Hubungan Beban Kerja Dengan Stres Kerja Perawat Di Tiap Ruang Rawat Inap RSUD Sidikalang. Medan: Universitas Sumatera Utara. Hal: 1-110.

Robbins, S. & Judge. (2014). Organizational Behavior. Prentice Hall.

Sinambela, L. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi

Aksara.

Siagian, S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Soni Kurniawan, I., & Al Rizki, F. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Perkebunan Mitra Ogan. Jurnal Sosial Sains, 2(1), 104-110.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swatzell, K, E. & Jennings, P. R. (2007). Descriptive research: The nuts and bolts. Journal of the American Academy of Physician Assistants.

Y.S.A, Gabriela. Kartika., & Haryani, S. (2018). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, Dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan RS Ludira Husada Tama Yogyakarta. Hal: 29- 42.

Yulianti, Eli. 2015. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Grand Fatma Hotel Di Tenggorong Kutai Kartanegara. Jurnal Administrasi Bisnis.

Downloads

Published

2024-04-01
Abstract Views: 95 | File Downloads: 116