ANALISIS PENGARUH BEBAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE DAN MEKANISME BONUS TERHADAP TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MULTINASIONAL YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020
DOI:
https://doi.org/10.35384/jamie.v2i1.549Keywords:
Income tax, tunneling incentive, bonus mechanism, and transfer pricingAbstract
The purpose of this study is to determine and analyze the effect of income tax variable, tunneling incentive and bonus mechanism to transfer pricing. The sample selection using purposive sampling method and the sample of this research are 8 multinational companies listed in Indonesian Stock Exchange (IDX). The data are obtained from secondary data of annual report of basic and multinational companies listed in Indonesian Stock Exchange in 2016 to 2020. The analysis technique used is binary logistic regression analysis. The hypothesis in this study is based on previous research and various other supporting theories The results of this study indicate that the income tax and tunneling incentive have a negative effect on transfer pricing, while the Bonus Mechanism has a positive effect on transfer pricing.
References
Astuti, K. Y. D., & Yulianti, Y. (2018). Analisis determinasi Keputusan Transfer pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014- 2016). Solusi, 16(1).
Gayatrie, R. H. 2014 Skema Bonus Dalam Keputusan Akuntansi Manajer. Politeknik Negeri Semarang.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23.Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, D. (2007). Dasar-dasar Ekonometrika (3rd ed. ed.). Jakarta: Erlangga.
Harimurti Fajar, 2007. Aspek Perpajakan Dalam Praktik Transfer pricing. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta.
Hartati, Winda., Desmiyawati, dan Julita, 2014. Tax Minimization, Tunneling incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer pricing Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Simposium Nasional. Universitas Riau.
Heru, Aviandika P. 2014. Pengaruh Pajak, Bonus Plan, Tunneling incentive, dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer pricing. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.
Horngren’s Cost Accounting . Datar, Srikant M., dan Rajan, Madhav V., 2018. A Managerial Emphasis (6th. Ed). Pearson.
Ilyas, W. B., dan Priantara, D., 2015. Akuntansi Perpajakan. Bekasi: Mira Wacana Media.
Indriana, P., Darmawan, J., dan Nurhawa, S., 2014. Analisis Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Perusahaan Dagang Otomotif. Universitas Bina Darma.
Jensen , M., & Meckling, W. (1976). Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics 3.
Judisseno, K, Rimsky. 2005. Pajak dan Strategi Bisnis: Suatu Tinjauan tentang Kepastian Hukum dan Penerapan Akuntansi di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Marfuah And Azizah, A. P. N. 2014. Pengaruh Pajak, Tunneling incentive, Dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer pricing Perusahaan. JAAI Vol 18, No. 2, Desember 2014: 156-165.
Misipiyanti, 2015. Pengaruh Pajak, Tunneling incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer pricing Program Studi Akuntansi, STIE Putra Bangsa.
Mutamimah. 2009. Tunneling atau Value Added dalam Strategi Merger dan Akuisisi di Indonesia. Manajemen & Bisnis. Vol. 7, No. 1.
Noviastika, F. D., Mayowan, Y, dan Karjo, S. 2016. Pengaruh Pajak, Tunneling incentive dan Good corporate governance (Gcg) Terhadap Indikasi Melakukan Transfer pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (studi pada bursa efek Indonesia yang berkaitan dengan perusahaan asing). PS Perpajakan, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.
Panjalusman, P. A., Nugraha, E., & Setiawan, A. (2018). Pengaruh Transfer pricing Terhadap Penghindaran Pajak. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan, 6(2), 105-114.
Rasyid Rifat, 2017. Pengaruh Pajak Penghasilan, Mekanisme Bonus dan Tunneling incentive Terhadap Transfer pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016.
Refgia Thesa, 2017. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing dan Tunneling incentive Terhadap Transfer pricing. Fakultas Ekonomi Universitas Riau.
Rochmadina, T. A., Nurhayati dan Junaidi, 2017. Pengaruh Pajak dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing di BEI Tahun 2013- 2016. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang.
Setiawan, H. Berita Transfer pricing dan Resikonya Terhadap Penerimaan Negara.
Sparta, & Adhinda, G. P. (2021). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Intensitas Modal Terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Liabilitas, 2(6), 38-49.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprianto, D., Pratiwi, R., 2017. Pengaruh Beban Pajak, Kepemilikan Asing, dan Ukuran Perusahaa Terhadap Transfer pricing Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016. Jurusan Akuntansi STIE Multi Data Palembang.
Wafiroh, N. L., Hapsari N.N, 2015. Pengaruh Pajak, Tunneling incentive, Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer pricing Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di BEI Periode 2011-2013. Jurnal, Universitas Islam Negeri, Malang.
Winarno, W. W. (2011). Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan EViews. Unit Penerbit dan Percetakan STM YKPN.
Yuniasih, N. W., Rasmini, N. K. Dan Wirakusuma, M. G. 2012. Pengaruh Pajak Dan Tunneling incentive Pada Keputusan Transfer pricing Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di BEI. Jurnal Universitas Udayana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Accounting, Management and Islamic Economics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.