PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SELAMA STUDY FROM HOME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENGGUNA AKTIF MEDIA SOSIAL SELAMA STUDY FROM HOME)
DOI:
https://doi.org/10.35384/jamie.v2i1.542Keywords:
Social Media, Study From Home, Learning Motivation, Learning DiciplineAbstract
This study aims the influence of social media, study from home, learning motivation, and learning dicipline on the college students who is actively using social media during study from home in South Jakarta. The independent variables in this study are Social Media and Study From Home. While, the dependent variables in study are Learning Motivation and Learning Dicipline. Hypothesis in this study uses the SEM (Structural Equation Modeling) method, which is supported by SmartPLS 3.2.9 and IBM SPSS Statistics 26 application devices. The data collection technique in this study used an online questionnaire with the Google Form application to collect the respondents’ informations, who were a college students who is actively using social media during study from home in South Jakarta. The results of this study indicate that: 1) Social Media has a positive and significant effect on Study From Home; 2) Study From Home does not have an effect on Learning Motivation; 3) Study From Home does not have an effect on Learning Dicipline.
References
Adıyaman, A. & Demir, Ç. (2021). Pengaruh stay at home day terhadap motivasi belajar bahasa siswa bahasa asing pada masa proses pandemi COVID-19. RumeliDE Dil ve Edebiyat Araştırmaları Dergisi, Jurnal Studi Bahasa dan Sastra RumeliDE 2021.S9 (Agustus), 374-388. https://dergipark.org.tr/
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1),15-31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624
Aminoto, T & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan energi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi. https://www.neliti.com/publications/221167/penerapan-media-e-learning-berbasis-schoology-untuk-meningkatkan-aktivitas-dan-h
Apriani, N., Kurniati, D., & Amelia, N. (2021). Pendidikan Telaah Dari Aspek Pembelajaran Daring Dampak Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id
Aslianda, Z. & Israwati, & Nurhaidah. (2017). Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. https://jim.unsyiah.ac.id
Bagasworo, W. & Hidayat, A. R. (2020). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Efikasi Diri Terhadap Niat Berwirausaha. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan, Vol 6, No. 3 Desember 2020: 132-138. http://journal.ibs.ac.id/
Ghozali, I. 2014. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96. http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu1.pdf
Handarini, I. O & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home Selama Pandemi COVID-19. https://journal.unesa.ac.id
Hendra, D., & Abdullah, R. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Gambar Teknik Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 2 Kota Solok. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(4). http://ejournal.unp.ac.id
Hasanah, M., & Fadilah, H. F. (2022). Hubungan Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Dalam Kegiatan Belajar Pada Kelas XI Man 2 Banjarmasin. Al-Kamilah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 1-16. http://103.180.95.8/index.php/jbkpi/article/view/7544
Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69-75. https://jurnal.unej.ac.id
Irfan, M., et al (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(3), 262-272. https://ojs.unm.ac.id
Kountur, R. (2006). Statistik Praktis. Jakarta: Penerbit PPM.
Malika L. & Takiddin, 2021. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Saat Home Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV MI Al-Mursyidiyyah. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 2021. https://journal.uinjkt.ac.id
Nadeak B., et al (2020). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dengan Penggunaan Media Sosial Terhadap Capaian Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. https://jurnal.konselingindonesia.com
Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basis Data Simbumil). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679-686. https://jurnal.umk.ac.id/
Putri, R. A. (2021). Dampak Learning From Home Pada Masa Pandemi Terhadap Kedisiplinan Belajar Mahasiswa Iain Batusangkar Di Kelurahan Pasar Baru Kota Padang Panjang. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/24237
Rifai, A. 2015. Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengukur ekspektasi penggunaan repositori lembaga: Pilot studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Al-Maktabah Vol. 14. http://repository.uinsu.ac.id/852/
Sari, N., et al (2018). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17-32. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2745827
Sarwono, Yonathan, (2010). "Pengertian Dasar Structural Equation Modeling (SEM)." Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, vol. 10, no. 3, Sep. 2010.
Setyawati, V & Subowo. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa https://journal.unnes.ac.id
Singgih, Santoso (2014.). Konsep dasar dan aplikasi SEM dengan AMOS 22 / Singgih Santoso. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, Ed. VII, 2009.
Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144/0
Suryaningsih, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 1-10. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/
Syarifah, S., Lestari, A., Nurhaliza, N., Anggaraini, Y., Wahyudi, H., & Zatrahadi, M. F. (2022). Pembelajaran daring dan motivasi belajar peserta didik di tengah wabah COVID-19. Kutubkhanah, 22(1). https://ejournal.uin-suska.ac.id
Triyanto, E., Sismoro, H., & Laksito, A. D. (2019). Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 4(2), 73-86. http://jurnal.univrab.ac.id/index.ph
Ummah N., 2022. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Borneo Journal of Primary Education. https://journal.uinsi.ac.id/
Van FC, L. L., Fajrizal, F., & Darmayunata, Y. (2021). Analisis Pengaruh Media Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Mahasiswa Menggunakan Metode Fuzzy Logic. INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 6(1), 155-169. http://ejournal.polbeng.ac.id/
Wulansari, N. H., & Manoy, J. T. (2020). Pengaruh motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika selama study at home. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 72-81. https://journal.unesa.ac.id/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Accounting, Management and Islamic Economics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.