STRATEGI PEMASARAN RESTO SOTO BETAWI H.USMAN, TANGERANG SELATAN, BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.35384/jamie.v2i1.535Keywords:
Pendahuluan, Metode penelitian, kesimpulan, SWOT, IFE, EFEAbstract
Strategi pemasaran adalah cara mendasar yang dirancang untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan kelebihan bersaing yang berkelanjutan melalui pasar yang telah di targetkan dengan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat bagi Rumah Makan Soto Betawi H.Usman, Bintaro, Tangsel, Banten, untuk bertahan dalam dunia bisnis, dan mencari solusi atas strateginya secara komprehensif untuk meningkatkan kelangsungan bisnis Rumah makan Soto Betawi H usman, Metode penelitian ini menggunakan Metode Kualitatis Deskriftif analitif dengan teori SWOT, IFE, dan EFE. Hasil penelitian menyimpulkan pertemuan SO. Namun, dari hasil pengamatan langsung di lapangan dan melakukan pembobotan langsung dengan tenant penyewa, hasil yang didapatkan berbeda yaitu yang berada di dalam kolom pertemuan ST pada matriks SWOT. Pada kolom pertemuan ST dapat diamati bahwa”Soto Betawi H Usman” memiliki kekuatan yang cukup untuk melakukan perkembangan dalam dunia usaha, namun masih memiliki ancaman yang tinggi dari pesaing sehingga bisa menjadi penghambat untuk kemajuan usaha dari ”Soto Betawi H Usman.
References
Adji, M., dan Rahayu, L. M. (2019). Representasi Gaya Hidup Dalam Karya Sastra. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 11 (3), 381.
Anonymous. (2019). Jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, 2014-2019. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/jumlah-usaha-menengah-kecil- dan-mikro-2014-2019-1586254692, (diunduh pada, 17 juni 2021).
Asadi, R. dan Daryaei, M. (2011). Strategies for Development of Iran Health Tourism. European Journal of Social Sciences. 23 (3), p. 329-344.
Cooper, D and Schindler, P.S. (2008). Business Research Method. Edisi 12. Boston: MacGraw Hill.
David, F. R. (2009). Manajemen Strategis Konsep, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Ferina, I. S; Tjandrakirana, H. R; dan Ismail, I. (2015). The Influence of Dividene Policy, Debt Policy, and Profitability on the Firm Value (Study on the Mining Company Listed on the Indonesia Stock Exchange Period 2009-2013). Jurnal Akuntanika, 2 (1), p. 52–66.
Hardiani, V dan Haque, M. G. (2020). Analisis Strategi Pemasaran LPH (Lembaga Pemeriksa Halal): Studi Pada Kantor Pusat SBU KSP PT Sucofindo (Persero),Jakarta. SENIMA - Seminar Nasional Manajemen, 5, p. 1615- 1639.
Jauhari, J. (2010). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2 (1), 1-12.
Kosasih, M. C dan Indriyani, R. (2014). Perumusan Blue Ocean Strategy Sebagai Strategi Bersaing Pada Perusahaan Keluarga CV. Gama Abadi. Agora. Vol 2 (1), p. 121-131.
Kristiyanti, M. (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) Dalam Pembangunan Nasional. Majalah Ilmiah Informatika. 3, (1), p. 63-89.
Nuari, A. R. (2017). Pentingnya Usaha Kecil Menengah (UKM) Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Preprint, Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu 2017.
Rangkuti, Freddy JP. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Rasmikayati, E; Afriyanti,S; dan Saefudin, B.R. (2020). Keragaan, Potensi dan Kendala pada Usaha Kedai Kopi di Jatinangor (Kasus pada soto betawi h usman). Agritekh (Jurnal Agribisnis dan Teknologi Pangan). Mei 2020. 1(1), p. 26-45
Setyorini, H. dan Effendi, M. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 5, (1), p. 46-53.
Shri, C; Gupta, M; dan Agrawal, A. (2015). Strategy Formulation for Performance Improvement of Indian Corrugated Industry: An Application of SWOT Analysis and QSPM Matrix. Journal of Applied Packaging Research, 7 (3), 60–75.
Subaktilah, Y; Kuswardani, N; dan Yuwanti, S. (2018). Analisis Swot: Faktor I nternal Dan Eksternal Pada Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu (Studi Kasus Di UKM Bumi Asih, Kabupaten Bondowoso). Jurnal Agroteknologi, vol 12(2), p. 107-115
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Triandharta, R. dan Haque-Fawzi, M. G. (2018) Analysis of Sharia Home Financing Products Marketing Strategy with Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) Contract: Study in PT Bank FRWRD Tbk. Jurnal Ilmu Manajemen & Ekonomika. 11, (1), p. 35-43.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Accounting, Management and Islamic Economics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.