PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH CICILAN EMAS (STUDI PADA BANK XYZ)

Authors

  • Nabila Nabila Indonesia Banking School
  • Puspita Puspita Indonesia Banking School

DOI:

https://doi.org/10.35384/jamie.v2i1.531

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Pengetahuan Produk, Pembiayaan Cicilan Emas

Abstract

Investasi emas pada saat ini cukup banyak diminati oleh masyarakat, salah satu alasannya karena emas tidak terdampak inflasi sehingga meminimalisir resiko kerugian dan investasi emas mudah untuk didapat dan mudah untuk dijual kembali. Bank syariah dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan investasi emas. Layanan yang paling banyak diminati oleh nasabah yang tersedia di Bank syariah adalah layanan pembiayaan cicilan emas. Tetapi, walaupun banyak nasabah yang memiliki ketertarikan terhadap investasi emas di sisi lain nasabah secara umum tetap memiliki pertimbangan lain dalam mengambil keputusan untuk memilih produk tabungan emas. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan pengetahuan produk terhadap pembiayaan murabahah cicilan emas di Bank XYZ (Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tangerang Cirendeu). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner yang disebarkan secara online. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 nasabah cicil emas tahun 2017-2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah nasabah pembiayaan murabahah cicilan emas di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tangerang Cirendeu, tidak adanya pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah pembiayaan murabahah cicilan emas di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tangerang Cirendeu, dan terdapat pengaruh pengetahuan produk terhadap peningkatan jumlah nasabah pembiayaan murabahah cicilan emas di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tangerang Cirendeu.

References

Adibah, Rifdatul. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Lembaga Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Cirendeu.” 33–35.

Alfhia, Retno, and Santi Arafah. 2020. “PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PRODUK CICIL EMAS DI BANK MANDIRI SYARIAH KCP. MEDAN-MARELAN.” Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis 1(1):229–42.

Hasanuddin, Makmur. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas.” Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen UNSRAT 4(1):128464.

Khotimah, Martina. .. 2017. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Pembiayaan Griya IB Hasanah Di BNI Syariah Cabang Bengkulu.”

Marlina, Lina, Agus Ahmad Nasrulloh, and Agung Wahyu Ginanjar. 2020. “The Effect of Marketing Mix Toward Decisions Become to A Customer BSM Gold Installment Financing Product at Bank Syariah Mandiri Branch Office of Singaparna Tasikmalaya.” Review of Islamic Economics And Finance 3(1). doi: 10.17509/rief.v3i1.25691.

Maulinda, Indah. 2021. “Pengaruh Pengetahuan Produk PErbankan Syariah Dan Motivasi Menghindari Riba Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah BRI Syariah Cabang Jelutung Kota Jambi.”

Mujib, Abdul. 2016. “Manajemen Strategi Promosi Perbankan Syariah.” Jurnal Perbankan Syariah 1(1):79.

Ningsih, Guspia, Muhammad Dayyan, and Nurjanah Nurjanah. 2019. “PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT BERINVESTASI LOGAM MULIA DI PEGADAIAN SYARIAH LANGSA BARAT.” Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah 3(1). doi: 10.32505/ihtiyath.v3i1.1297.

Pramudya, Fitri Novianti. 2019. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PEMBIAYAAN ARRUM DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Pada Pegadaian Syariah Arif Rahman Hakim Bandar Lampung.” Psikologi Perkembangan (October 2013):1–224.

Purba, rosintasn sabrina, and Syaifullah. 2020. “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Carvil Di Kota Batam.” Jurnal Akrab Juara 5:228–39.

Putri, Weri Filla. 2019. “Pengaruh Pengetahuan Nasabah Terhadap Keputusan Pembiayaan Murabahah Pada Bmt Al-Makmur Cubadak.”

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RD. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan Dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Valentini, Nurisya. 2017. “KOMUNIKASI PERSUASIF PT. PEGADAIAN (PERSERO) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN EMAS, CABANG PANAM KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU.” JOM Fisip 4(2):103–11.

Wisnu, Arief. 2017. Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.

Yenti, Fitri. 2021. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan Murabahah Pada PT.BPRS Carana Kiat Andalas Cabang Padang Panjang.”

Downloads

Published

2024-06-01
Abstract Views: 2 | File Downloads: 2