Literasi Keuangan Syariah Dan Perceived Usefulness Terhadap Penggunaan E-Service

Authors

  • Dewi Fitriana Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Peni Haryanti Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v10i3.587

Keywords:

literasi keuangan syariah, perceived usefulness, penggunaan e-service

Abstract

Berkembangnya ilmu teknologi mendorong untuk terus berinovasi dalam meluncurkan produk- produk baru di sektor perekonomian agar tidak tertinggal zaman. Sebagai bentuk mengikuti perkembangan teknologi, salah satu inovasi pada layanan perbankan syariah yang menggunakan sistem teknologi adalah adanya e-service. Faktor literasi keuangan syariah dan perceived usefulness diperhitungkan untuk mengambil keputusan menggunaka layanan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan besar pengaruh literasi keuangan syariah dan perceived usefulness terhadap keputusan untuk menggunaan e-srvice oleh nasabah pengguna BSI Mobile KC Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Nasabah BSI Mobile KC Jomang merupakan populasi dari penelitian ini. Metode penentuan sampel adalah teknik purposive sampling dengan karakteristik nasabah BSI KC Jombang yang mnggunakan BSI Mobile dan pernah melakukan transaksi menggunakan BSI Mobile. Metode pengambilan sampelnya menggunakan metode Sovlin dan sampel yaIng didapat sebanyak 100 responden. Selanjutnya data responden tersebut dianalisis dengan metode analisis data yaitu uji keabsahan data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan literasi keuangan syariah dan perceived usefulness memiliki pengaruh positif terhadap keputusan untuk menggunakan e-service pada nasabah pengguna BSI Mobile KC Jombang.

 

References

Gupta, R., & Varma, S. (2019). A structural equation model to assess behavioural intention to use biometric enabled e-banking services in India. nt. J. Business nformtion Systems, 31(4), 555–572. https://doi.org/10.1504/JBS.2019.101586

Haryanti, P., & Azmi, M. F. (2023). Literasi Keuangan Syariah Terhadap Penggunaan Fintech Syari’ah Mahasiswa Gen Z. Al-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 289–302. https://doi.org/10.51339/iqtis.v5i2.1260

Haryanti, P., Hidayati, A., Rodliyah, ., Nisful Laili, C., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. JPEMAS: Jurnal novasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 136. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6584

Haryanti, P., Sopingi, ., Hidayat, A., & Ciptanila Yuni K, K. (2023). Literasi Keuangan Syariah Untuk Generasi Z di SMK Perguruan Mualimat Cukir. SANSTEKNOPAK: Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan, 7, 296–304.

Hendra, & Ningrum, Laila. Dwi. (2023). Pengaruh Globalisasi Terhadap Bisnis nternasional. NNOVATVE: Journal Of Social Science Research. Volume 4 Nomor 1, Page 696-707.

Isnaeni, N., Lubis, P., & Nuratika, V. (2024). Pengaruh Litrasi Keuangan Syariah dan Teknologi E-Banking Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Produk-Produk Bank Syariah (Studi Guru SMP dan SMA T Ash-Shiddiqi Batang Hari). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 297–301. https://doi.org/10.572349/neraca.v2i3.1218

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Nurzanita, R., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Persepsi manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay di Surabaya Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel ntervening. AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 17(2), 277–288. https://doi.org/10.30872/jakt.v17i2.7390

Paramita, D. A., & Hidayat, A. (2023). The effect of perceived ease of use, perceived usefulness, and perceived benefits on interest in using Bank Syariah Indonesia mobile banking. nternational Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 12(5), 01–09. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i5.2643

Purwanto, J., Noviarita, H., & qbal, M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Transaksi Mudharabah Pada Tenaga Pendidik SMA. Jurnal Tabarru’: slamic Banking and Finance, 6(November), 710–717. https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15300

Putri, A., Nasution, A. W., & Seri, E. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use Dan Perceived Credibility Terhadap Keputusan Menggunakan M-Banking Dimasa Covid-19. Jurnal lmiah Akuntansi Budgeting, 1(2), 53–62. https://doi.org/10.51510/budgeting.v1i2.474

Randha, Z. N., Suhar, & Martaliah, N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Promosi Terhadap Keputusan Nasaba Dalam Memilih Produk Bank Riau Kepri Syariah. EKSYA: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 35–60. https://doi.org/10.56874/eksya.v5i1.1711

Rewah, A. T., Mangantar, M., & Saerang, R. T. (2022). The Effect Of Perceived Usefulness , Perceived Ease Of Use , And Perceived Risk On Behavioral ntention Of E-Wallet User ( Case Study : Manado ). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akutansi, 10(4), 717–724. https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43547

Rohman, R. Y., Fauziyah, S., & Sopingi, . (2023). Pengaruh Fintech Syariah Terhadap Literasi Keuangan Syariah Pada Mahasiswa Ormawa Fakultas Ekonomi. JES: Journal of slamic Economics Studies, 4(2), 115–123. https://doi.org/10.33752/jies.v4i2.5750

Salim, F., Arif, S., & Devi, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, slamic Branding, dan Religiusitas terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah: Studi Pada Mahasiswa FA Universitas bn Khaldun Bogor Angkatan 2017-2018. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis slam, 5(2), 226–244. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.752

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qura’an. n Perpustakaan Nasional (Volume 9). Lentera Hati.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed). Alfabeta.

Tartila, Muzayyana., Asmuni. (2022). Strategi ndustri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal lmiah Ekonomi slam, 8(03), hal: 3310-3316

Downloads

Published

2024-12-23
Abstract Views: 24 | File Downloads: 27