Literasi Keuangan Syariah Dan Perceived Usefulness Terhadap Penggunaan E-Service
DOI:
https://doi.org/10.35384/jemp.v10i3.587Keywords:
literasi keuangan syariah, perceived usefulness, penggunaan e-serviceAbstract
Berkembangnya ilmu teknologi mendorong untuk terus berinovasi dalam meluncurkan produk- produk baru di sektor perekonomian agar tidak tertinggal zaman. Sebagai bentuk mengikuti perkembangan teknologi, salah satu inovasi pada layanan perbankan syariah yang menggunakan sistem teknologi adalah adanya e-service. Faktor literasi keuangan syariah dan perceived usefulness diperhitungkan untuk mengambil keputusan menggunaka layanan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan besar pengaruh literasi keuangan syariah dan perceived usefulness terhadap keputusan untuk menggunaan e-srvice oleh nasabah pengguna BSI Mobile KC Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Nasabah BSI Mobile KC Jomang merupakan populasi dari penelitian ini. Metode penentuan sampel adalah teknik purposive sampling dengan karakteristik nasabah BSI KC Jombang yang mnggunakan BSI Mobile dan pernah melakukan transaksi menggunakan BSI Mobile. Metode pengambilan sampelnya menggunakan metode Sovlin dan sampel yaIng didapat sebanyak 100 responden. Selanjutnya data responden tersebut dianalisis dengan metode analisis data yaitu uji keabsahan data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan literasi keuangan syariah dan perceived usefulness memiliki pengaruh positif terhadap keputusan untuk menggunakan e-service pada nasabah pengguna BSI Mobile KC Jombang.
References
Gupta, R., & Varma, S. (2019). A structural equation model to assess behavioural intention to use biometric enabled e-banking services in India. nt. J. Business nformtion Systems, 31(4), 555–572. https://doi.org/10.1504/JBS.2019.101586
Haryanti, P., & Azmi, M. F. (2023). Literasi Keuangan Syariah Terhadap Penggunaan Fintech Syari’ah Mahasiswa Gen Z. Al-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 289–302. https://doi.org/10.51339/iqtis.v5i2.1260
Haryanti, P., Hidayati, A., Rodliyah, ., Nisful Laili, C., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. JPEMAS: Jurnal novasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 136. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6584
Haryanti, P., Sopingi, ., Hidayat, A., & Ciptanila Yuni K, K. (2023). Literasi Keuangan Syariah Untuk Generasi Z di SMK Perguruan Mualimat Cukir. SANSTEKNOPAK: Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan, 7, 296–304.
Hendra, & Ningrum, Laila. Dwi. (2023). Pengaruh Globalisasi Terhadap Bisnis nternasional. NNOVATVE: Journal Of Social Science Research. Volume 4 Nomor 1, Page 696-707.
Isnaeni, N., Lubis, P., & Nuratika, V. (2024). Pengaruh Litrasi Keuangan Syariah dan Teknologi E-Banking Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Produk-Produk Bank Syariah (Studi Guru SMP dan SMA T Ash-Shiddiqi Batang Hari). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 297–301. https://doi.org/10.572349/neraca.v2i3.1218
Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Nurzanita, R., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Persepsi manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay di Surabaya Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel ntervening. AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 17(2), 277–288. https://doi.org/10.30872/jakt.v17i2.7390
Paramita, D. A., & Hidayat, A. (2023). The effect of perceived ease of use, perceived usefulness, and perceived benefits on interest in using Bank Syariah Indonesia mobile banking. nternational Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 12(5), 01–09. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i5.2643
Purwanto, J., Noviarita, H., & qbal, M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Transaksi Mudharabah Pada Tenaga Pendidik SMA. Jurnal Tabarru’: slamic Banking and Finance, 6(November), 710–717. https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15300
Putri, A., Nasution, A. W., & Seri, E. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use Dan Perceived Credibility Terhadap Keputusan Menggunakan M-Banking Dimasa Covid-19. Jurnal lmiah Akuntansi Budgeting, 1(2), 53–62. https://doi.org/10.51510/budgeting.v1i2.474
Randha, Z. N., Suhar, & Martaliah, N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Promosi Terhadap Keputusan Nasaba Dalam Memilih Produk Bank Riau Kepri Syariah. EKSYA: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 35–60. https://doi.org/10.56874/eksya.v5i1.1711
Rewah, A. T., Mangantar, M., & Saerang, R. T. (2022). The Effect Of Perceived Usefulness , Perceived Ease Of Use , And Perceived Risk On Behavioral ntention Of E-Wallet User ( Case Study : Manado ). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akutansi, 10(4), 717–724. https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43547
Rohman, R. Y., Fauziyah, S., & Sopingi, . (2023). Pengaruh Fintech Syariah Terhadap Literasi Keuangan Syariah Pada Mahasiswa Ormawa Fakultas Ekonomi. JES: Journal of slamic Economics Studies, 4(2), 115–123. https://doi.org/10.33752/jies.v4i2.5750
Salim, F., Arif, S., & Devi, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, slamic Branding, dan Religiusitas terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah: Studi Pada Mahasiswa FA Universitas bn Khaldun Bogor Angkatan 2017-2018. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis slam, 5(2), 226–244. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.752
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qura’an. n Perpustakaan Nasional (Volume 9). Lentera Hati.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed). Alfabeta.
Tartila, Muzayyana., Asmuni. (2022). Strategi ndustri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal lmiah Ekonomi slam, 8(03), hal: 3310-3316
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Fitriana, Peni Haryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.