Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah Bank Syariah

Authors

  • Pransiska Dewi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Muhammad Iqbal Fasa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Suharto Suharto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v9i1.383

Keywords:

manajemen pemasaran, perbankan syariah, pembiayaan murabahah

Abstract

Manajemen pemasaran menekankan bahwa tugas pemasaran bukanlah monopoli departemen pemasaran saja. Pemasaran merupakan kegiatan dari semua departemen di dalam suatu perusahaan atau lembaga keuangan bank. Konsep pemasaran holistik yang mengakui bahwa segala sesuatu bisa terjadi pada pemasaran. Oleh karena itu, pemasaran harus dikelola dengan sistemik agar tujuan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan target perusahaan. Materi di jurnal ini merupakan gabungan dari literatur-literatur penelitian lainya sehingga dapat digunakan sebagai acuan bagi para mahasiswa program sarjana dan pascasarjana, para praktisi, pemerhati serta kalangan profesional yang berminat mendalami bidang pemasaran, khususnya pemasaran bank syariah. Hasil dari penelitian ini adalah konsumen dan nasabah memiliki kebutuhan untuk memenuhi keperluannya sehingga perusahaan atau bank harus meningkatkan target pasar. Adanya strategi pemasaran bank syariah itu diharapkan dapat menarik nasabah untuk menggunakan produk atau layanan perbankan syariah.

References

Abdullah Karim (penerjemah), Fauzi Aseri, A. (penerjemah), Dzikri Nirwana, (penerjemah), Rusydi (penerjemah), (penerjemah), W., Zulkifli, H. (penerjemah), Ahmad Mujahid, H. (penerjemah), & (penyusun), B. L. dan D. K. A. (2017). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Kementerian Agama Republik Indonesia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1086032

Amrin, A. (2007). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Grasindo.

Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah Dari Teori Kepraktik. Gema Insani Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketingmenedzsment. In Marketingmenedzsment. Akadémiai Kiadó. https://doi.org/10.1556/9789630597784

Perreault, W. D., Cannon, J. P., & McCarthy, J. E. (2012). Basic Marketing. MCGraw-Hill.

Perwataatmaja, K. A., & Antonio, M. S. (1992). Apa dan Bagaimana Bank Islam: Islamic development Bank International association of Islamic Banks Bank Muamalat Indonesia BPR Syariah. Dana Bhakti Wakaf.

Rise, A., Laura Ries, & Bern Hidayat. (2004). The Fall of advertising and the rise of PR = Surutnya periklanan dan bangkitnya public relations. Gramedia Pustaka Utama.

Suhendi, H. (2002). Fiqh Muamalah. RajaGrafindo Persada.

Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing.

Downloads

Published

2023-08-02
Abstract Views: 269 | File Downloads: 207