Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah Bank Syariah
DOI:
https://doi.org/10.35384/jemp.v9i1.383Keywords:
manajemen pemasaran, perbankan syariah, pembiayaan murabahahAbstract
Manajemen pemasaran menekankan bahwa tugas pemasaran bukanlah monopoli departemen pemasaran saja. Pemasaran merupakan kegiatan dari semua departemen di dalam suatu perusahaan atau lembaga keuangan bank. Konsep pemasaran holistik yang mengakui bahwa segala sesuatu bisa terjadi pada pemasaran. Oleh karena itu, pemasaran harus dikelola dengan sistemik agar tujuan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan target perusahaan. Materi di jurnal ini merupakan gabungan dari literatur-literatur penelitian lainya sehingga dapat digunakan sebagai acuan bagi para mahasiswa program sarjana dan pascasarjana, para praktisi, pemerhati serta kalangan profesional yang berminat mendalami bidang pemasaran, khususnya pemasaran bank syariah. Hasil dari penelitian ini adalah konsumen dan nasabah memiliki kebutuhan untuk memenuhi keperluannya sehingga perusahaan atau bank harus meningkatkan target pasar. Adanya strategi pemasaran bank syariah itu diharapkan dapat menarik nasabah untuk menggunakan produk atau layanan perbankan syariah.
References
Abdullah Karim (penerjemah), Fauzi Aseri, A. (penerjemah), Dzikri Nirwana, (penerjemah), Rusydi (penerjemah), (penerjemah), W., Zulkifli, H. (penerjemah), Ahmad Mujahid, H. (penerjemah), & (penyusun), B. L. dan D. K. A. (2017). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Kementerian Agama Republik Indonesia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1086032
Amrin, A. (2007). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Grasindo.
Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah Dari Teori Kepraktik. Gema Insani Press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketingmenedzsment. In Marketingmenedzsment. Akadémiai Kiadó. https://doi.org/10.1556/9789630597784
Perreault, W. D., Cannon, J. P., & McCarthy, J. E. (2012). Basic Marketing. MCGraw-Hill.
Perwataatmaja, K. A., & Antonio, M. S. (1992). Apa dan Bagaimana Bank Islam: Islamic development Bank International association of Islamic Banks Bank Muamalat Indonesia BPR Syariah. Dana Bhakti Wakaf.
Rise, A., Laura Ries, & Bern Hidayat. (2004). The Fall of advertising and the rise of PR = Surutnya periklanan dan bangkitnya public relations. Gramedia Pustaka Utama.
Suhendi, H. (2002). Fiqh Muamalah. RajaGrafindo Persada.
Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.