Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pangsa Pasar Perbankan Syariah 2018

Authors

  • R Bambang Budhijana STIE Indonesia Banking School

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v5i2.243

Keywords:

Pangsa Pasar, Perbankan Syariah, Model TSR, Model Dinamis

Abstract

Berdasarkan Visi Perbankan Syariah di Indonesia harus mampu mendukung sektor riil melalui kegiatan pembiayaan berbasis saham dengan transaksi yang adil bagi seluruh masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu dikembangkan Sumber Daya Manusia (SDI), Promosi dan Kebijakan Strategis Perbankan Syariah. Hal inilah yang menjadikan dasar dan tujuan penelitian tentang “Pengaruh Biaya Promosi, Biaya Pendidikan Diklat dan Renstra Pemerintah Terhadap Pangsa Pasar Perbankan Syariah di Indonesiaâ€. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari 77 bulan periode (2012-2018) yang diolah menggunakan eviews6 dengan Model Dynamic Tauhidi String Relations (TSR). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa biaya promosi, biaya pendidikan dan biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pangsa pasar Perbankan Syariah di Indonesia. Pertumbuhan pangsa pasar saat ini menunjukkan masih kurangnya proses pembelajaran dan pemahaman masyarakat terhadap bisnis per-bankan syariah

References

Alamsyah, H. 2012. Perkembangan dan prospek perbankan syariah Indonesia: Tantangan dalam menyongsong MEA 2015. Makalah disampaikan pada Ceramah Ilmiah Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), Milad ke-18 IAEI,(13 April 2012).

Anonimous. 2015. Road Map Perbankan Syariah Indonesia. OJK. Departemen Perbankan Syariah.

Anonimous. 2017. Cetak Biru (Blueprint) Ekonomi dan Keuangan Syariah. BI. Pe-doman Internal BI.

Anonimous. 2004. Cetak Biru Pengembangan Per-bankan Syariah di Indonesia. BI. https://www.bi.go.id/id/publikasi/lain/lainnya/pages/blue%20print.aspx

Al Arif, M Nur Rianto. 2010. Efektifitas Biaya Promosi Dan Biaya Diklat Terhadap Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Gunadarma.

Alghiffari, Nasruddin. 2009. Analisis Pengaruh Profitabiltas Industri, Rasio Leverage Keu-angan Tertimbang Dan Pangsa Pasar Ter-hadap ROA Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index, Jurnal Program Studi Syariah dan Hukum, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Budhijana, Bambang and Dikdik S.. Sadikin, 2019. Factors Affecting Fee Based Income of Shariah Banking in Indonesia. Journal of Fatwa Management and Research. Vol 18 No. 2 ISSN:2232-1047 , 2012, Kajian Manajemen Terhadap Proses Rekursif Dalam Evolusi Berbasis Pengetahuan Pada Kinerja Per-bankan Syariah di Indonesia, Jakarta, UN-TAR

Choudhury, M.A., and Harahap, S.S. 2004, Social accounting in Islamic political economy, Harmonising Development and Financial Instruments by Shariah Rules for Ummatic Integration, International Islamic Universi-ty, Chittagong

Direktorat Perbankan Syariah-Bank Indonesia dan Institut Pertanian Bogor. 2004. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat ter-hadap Bank Syariah di Wilayah Kaliman-tan Selatan. BI-IPB.

Dusuki, Asyraf Wajdi, 2008. "Banking for the poor: the role of Islamic banking in micro-finance initiatives". Humanomics, Vol. 24 No. 1, 2008, pp. 49-66.

Karim, Adiwarman A., 2007. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Nuruddin, A. 2010. SDM Berbasis Syariah. Tsaqafah, 6(1), 27-42.

Rama, A. 2015. Analisis Deskriptif Perkembangan Perbankan Syariah di Asia Tenggara. Jour-nal of Tauhidinomics, 1(1), 1-25.

Rusydiana, A. S. 2016. Analisis Masalah Pengem-bangan Perbankan Syariah di Indonesia: Aplikasi

Metode Analytic Network Process. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2), 237-246.

Stiawan, Adi. 2009. Analisis Pengaruh Faktor Makroekonomi, Pangsa Pasar Dan Karak-teristik Bank Terhadap Profitabilitas Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Periode 2005-2008), Jurnal Magister Manajemen, Program Studi Pascasarjana, Universitas Diponegoro.

Statistik Perbankan Syariah, 2013-2016, Bank In-donesia

Sudarsono, Heri, 2009, Bank Syariah : Refleksi 2008 dan Harapan 2009.

Suryani. 2012. Kebijakan Layanan Syariah (Office Channelling) dalam meningkatkan Pangsa Pasar Perbankan Syariah. Jurnal Hukum Islam STAIN Malikussaleh Lhoksumawe Aceh.

Syafrida, Ida dan Ahmad Abror. 2011. Faktor-Faktor Internal dan Eksternalyang Mempengaruhi Pertumbuhan Aset Per-bankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Jakarta.

Sari, M. D., Bahari, Z., & Hamat, Z. (2013). Perkembangan Perbankan Syariah di Indo-nesia: Suatu Tinjauan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 120-138.

Sodiq, Amirus. 2018. "Analisis SWOT Perkem-bangan Perbankan Syariah Di Indonesia." MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance;1(01).

Syukron, A.2013. Dinamika Perkembangan Per-bankan Syariah di Indonesia. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 3(2), 28-53.

Tho’in, M.2016. Kompetensi Sumber Daya Manu-sia Bank Syariah Berdasarkan Prinsip-Prinsip Syariah Islam (Studi Kasus Pada BNI Syariah Surakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(03).

Utama, A. S. 2018. Sejarah dan Perkembangan Regulasi Mengenai Perbankan Syariah Da-lam Sistem Hukum Nasional Di Indonesia. Jurnal Wawasan Yuridika, 2(2), 187-200.

Virawan, Adivia. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perlambatan Pertumbuhan Market Share Perbankan Syariah di Indone-sia, Jurnal Perbankan Syariah, Program Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-01-21
Abstract Views: 1075 | File Downloads: 754