Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Seven Tools Pada PT X

Authors

  • Deni Hamdani STIE Ekuitas Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35384/jemp.v6i3.237

Keywords:

Check sheet, pareto, chart

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menelaah proses evaluasi dan peningkatan standar kualitas produksi. PT X yang bergerak di bidang konveksi dipilih sebagai konteks pada penelitian ini. Analisis didasarkan pada ap-likasi seven tools yang terdiri dari flow chart, check sheet, histogram, control chart, scatter diagram, fish-bone diagram dan diagram pareto. Berdasarkan hasil analisis terhadap data yang berhasil dihimpun di-peroleh hasil bahwa 4 jenis kecacatan yang diperoleh pada check sheet adalah cacat jahitan, cacat warna sablon, pola tidak sesuai dan juga cacat gosong. Dari keempat jenis kecacatan, yang paling tinggi presen-tasenya yaitu Cacat gosong. Berdasarkan analisis atas U Chart of jumlah ketidaksesuaian tidak terdapat titik-titik yang melewati batas baik batas atau maupun batas bawah, ini berarti bahwa tingkat ketidaks-esuaian produk cacat di perusahaan PT X masih normal dan masih dapat dikendalikan. Dengan tingkat keridaksesuaian produk cacat diperusahaan tersebut yang masih dapat dikendalikan oleh pihak perusahaan, maka perusahaan tidak harus memperbaiki tingkat ketidaksesuaian produk cacat diperusahaan tersebut ka-rena pihak perusahaan masih dapat mengendalikan tingkat kecacatan produknya sehingga tidak sampai.

References

Ali Hasan. 2010. Marketing dari Mulut ke Assauri, S. (2016), Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, Jakarta: Lem-baga Penerbit Fakultas Universitas Indonesia

Bakhtiar, Suharto Tahir dan Asysyfa Hasni. (2013). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statisti-cal Quality Control (SQC). Malikus-saleh Industrial Engineering Journal Vol 2, 2013.

Besterfield, Dale H. 2009. Quality Control. 8 th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Dewi, S.K. (2012), Minimasi Defect Produk dengan Konsep Six Sigma. Jurnal Teknik Industri. Vol. 13, No.1, Pp. 43-50.

Gaspersz, Vincent. 2011. Lean Six Sigma for Man-ufacturing and Service Industries. Bo-gor: Penerbit Vinchristo Publication.

Gerry & Budiastuti, D. (2014), Penurunan Jumlah Cacat Produksi Melalui Pendekatan Seven Tools of Quality, Binus Business Review, Vol.5 No.2, hlm: 456-465.

Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2017). Oper-ations Management Sustainability and Supply Chain Management (12th). United States: Pearson Education.

Irwan, & Haryono, D. (2015). Pengendalian Kualitas Statistik (pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Bandung: ALFABETA

Joshi Aniruddha dan Pritam Kadam. (2014). An Application Of Pareto Analysis And Cause Effect Diagram For Minimiza-tion Of Defects In Manual Casting Pro-cess. International Journal of Mechani-cal And Production Engineering, ISSN: 2320-2092.

Martono, R. V. (2018), Manajemen Operasi: Kon-sep & Aplikasi, Jakarta: Salemba Em-pat.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan : Referensi (GP Press Group).

Murdifin Haming dan Mahfud Nurnajamuddin. 2014. Manajemen Produksi Modern, Operasi Manufaktur dan Jasa, Buku Kesatu, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Nurmalasari (2015). Analisis Kualitas dengan Menggunakan Metode Statistical Qual-ity Control (SQC) Produk Kue Astor untuk Meminimumkan Produk Rusak Pada PT. Prima Jaya A.M. Sumedang ISSN: 2460-6545.

Zulian Yamit. 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta : Ekonisia.

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/5102/3042

http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/indept/article/view/178

https://media.neliti.com/media/publications/225747-pengendalian-kualitas-tempe-dengan-metod-33af6f9b.pdf

Downloads

Published

2022-01-17
Abstract Views: 5002 | File Downloads: 5141