Peran Gender Top Management Tim Terhadap Kinerja Bank Umum Nasional Buku 3 dan Buku 4

Authors

  • Ahmad Adriansyah Indonesia Banking School

DOI:

https://doi.org/10.35384/jime.v11i1.100

Keywords:

Keragaman Gender, Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Net Interest Margin (NIM), Outstanding Loan, Outstanding Dana Pihak Ketiga, ROE dan ROA

Abstract

Dewan Komisaris dan Dewan Direktur yang merupakan Top Manajemen Team (TMT) merupakan sumber daya penting bagi organisasi dalam membangun kinerja organisasi. Salah satu faktor dari TMT yang dianggap penting adalah keragaman dari anggota TMT tersebut.  Komposisi dari Dewan Komisaris dan Dewan Direksi adalah bagian penting yang membentuk kemampuan mereka dan berdampak pada kinerja perusahaan. Dari penelitian-penelitian yang ada ternyata dampak dari komposisi TMT terhadap kinerja menghasilkan hasil yang beragam dan dinilai masih membingungkan, sehingga masih perlu untuk diteliti lebih lanjut.  Penelitian ini dilakukan pada konteks industri perbankan dan menggunakan kinerja operasional sebagai dampak langsung dari keragaman TMT, serta dampak langsungnya terhadap bottom line (ROA dan ROE).  Data yang digunakan adalah Bank Umum Indonesia yang masuk katagori Buku 3 dan Buku 4.  Rentang waktu yang digunakan adalah 5 tahun, yakni dari tahun 2013-2017. Kegaraman TMT yang digunakan adalah keragaman Gender. Kinerja operasional yang digunakan adalah Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Net Interest Margin (NIM), Outstanding Loan dan Outstanding Dana Pihak Ketiga.  Pengujian model menggunakan SEM dengan aplikasi Smart PLS 3.0.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaman gender menurunkan Outstanding Loan dan Outstanding Dana Pihak Ketiga serta BOPO.  Keragaman gender tidak mempengaruhi NPL dan NIM maupun ROA dan ROE secara signifikan.  Faktor yang mempengaruhi ROE adalah NPL, BOPO dan outstanding loan, sedangkan factor yang mempengaruhi ROA adalah NIM dan BOPO.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aluy. C.A., Tulung. J.E., Tasik H.H.D. (2017). Pengaruh Keberadaan Wanita Dalam Manajemen Puncak Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Pada Bank BUMN dan Bank Swasta Nasional Devisa di Indonesia). Jurnal EMBA, 5(2), 821-828.

Hambrick, D. C., Humphrey, S.E., Gupta, A. (2015). Strategic Management Journal, 36, 449–461.

Jadah, H. M., Murugiah, L. A., Azis, A. B.A. (2016). The Effect of Board Characteristics on Iraqi Banks Performance. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences. 6 (4), 205–214.

Johnson , S. G., Schnatterly, K., Hill, A.D. (2013). Board Composition Beyond Independence: Social Capital, Human Capital, and Demographics. Journal of Management, 39(1), 232-262.

Kahar, M. R. (2016). Pengaruh Age Diversity, Gender Diversity Dan Occupational Heterogeneity Dalam TMT Terhadap Financial Performance Bank Umum Di Indonesia Periode 2015. Skripsi. STIE Indonesia Banking School.

Penrose, E. T. (1959). The Theory of the Growth of the Firm. New York: John Wiley.

Setiawan, A. Hermanto, B. (2017). Comparative Study : Determinant On Banking Profitability Between BUKU 4 And BUKU 3 Bank In Indonesia. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 92-101.

Terjesen, S., Sealy, R., Singh, V. (2009). Women directors on corporate boards: A review and research agenda. Corporate Governance: An International Review, 17, 320-337.

Tulung, J. E., Ramdani, D. (2016). The Influence of Top Management Team Characteristics on BPD Performance. International Research Journal of Business Studies, 8 (3), 155 – 166.

Downloads

Published

2019-08-22
Abstract Views: 347 | File Downloads: 218