PENGARUH RELIGIUSITAS, PRODUK, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (STUDI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH BAITUL MAAL WA TAMWIL USAHA GABUNGAN TERPADU SIDOGIRI KANTOR CABANG KRAMAT
Keywords:
religiosity, product, promotion, location, customer interest in savingAbstract
This study aims to discuss the influences that influence the interest in society saving at Sharia Microfinance Institutions, study on KSPPS BMT UGT Sidogiri Branch Office in Kramat Jati. The independent variables obtained from the preliminary survey results are Religiosity, Product, Promotion, and Location. While the dependent variable obtained is the customer interest in saving. Methods of data analysis using multiple regression. The population is savings customers, with a sample of 100 respondents. The sampling technique used purposive sampling. By using a quantitative descriptive approach. The results of this study indicate that Religiosity has a significant positive effect on customer interest in saving, Product has a significant positive effect on customer interest in saving, Promotion has a significant positive effect on customer interest in saving, and Location has a significant positive effect on customer interest in saving.References
Al-Qur’an dan terjemahan
Abdurrahman, Nana Herdianan. (2015). “Manajemen Strategi Pemasaran”. Lingkar Selatan: CV Pustaka Setia h.41.
Aisyah, Muniaty & Umiyati. (2018). “The Mudharabah Savings Demand among the Member of Islamic Financial Service Cooperatives in Bogor”. Iqtishadia Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Alfaroby, Moh Lutfi. (2019). “Analisis Faktor Religiusitas, Promosi, Lokasi, dan Produk Terhadap Minat Nasabah Menabung di BMT UGT Sidogiri Gondang-Legi Malang”. Skripsi: Univ. Muhammadiyah Malang.
Amalia, E & Atiqah, M. (2015). “Evaluating The Models of Sharia Microfinance in Indonesia: An Analytical Network Process (ANP) Approach”. Al-Iqtishad Vol. VII, No. 1, Januari, 14.
Andespa, Roni. (2017). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung di Bank Syariah”. Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan: UIN Imam Bonjol Padang.
Anshori, A. G. (2018). “Perbankan syariah di Indonesia”. UGM PRESS.
Assael, Henry. (2004). “Consumer Behaviour: A Strategic Approach”. New York.
Asiah, Nur. (2019). “Analisis Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung di BMT Al Fadhilah”. Skripsi: UIN Lampung.
Assauri, Sofjan. (2011). “Manajemen Pemasaran”. Jakarta: Rajawali Pers.
Asto S. Subroto. “Bank Syariah Harus Fokus Membidik Nasabah Rasional”.
Ayasi, Nur. (2019). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung Masyarakat di KSPPS BMT Mentari Bumi Purbalingga”. Skripsi: IAIN Purwokerto.
Badan Pusat Statistik. Sensus Penduduk. Diakses 2020. https://www.bps.go.id/subject/23/kemiskinan-dan-ketimpangan.html
BMT UGT Sidogiri. Berita dan Artikel. Diakses 2020. https://bmtugtsidogiri.co.id/berita-675-pidato-pengurus-dalam-rat-tahun-buku-2019.html
Djamaludin, A., dan Suroso, F. N. (2011). “Psikologi Islam: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Durianto, Darmadi. (2011). ”Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Effendi, Lutfi. (2009). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Nasabah pada Bank Muamalat Malang”. Skripsi: Universitas Islam Negeri Malang.
Efriyanti, Lia. (2019). “Pengaruh Pelayanan dan Kualitas Produk yang Menggunakan Akad Wadi’ah Terhadap Loyalitas Nasabah BMT Pat Sepakat”. Skripsi: IAIN Curup.
Emmang, Gusmail. (2016). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terhadap Kurangnya Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah”. Skripsi: UIN Alaudin Makassar.
Ghozali, I. (2016). “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23”.
Guiltinan, Joseph P dan Paul, Gordon W. (1990). “Manajemen Pemasaran: Strategi dan Program, Agus Maulana”. Jakarta: Erlangga, 157.
Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2010). “Essentials Of Econometrics”. Singapore: McGraw-Hill Education.
Gunawan, Imam. (2016). “Pengantar Statistik Inferensial”. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Hasan, A. (2014). “Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan”. Yogyakarta.
Hasan, S. (2010). “Marketing Bank Syariah: Cara Jitu Meningkatkan Pertumbuhan Pasar Bank Syariah”. Ghalia Indonesia.
Hidayat, S. (2018). “Persepsi Masyarakat Terhadap Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat”. Al-Uqud:Journal of Islamic Economics.
Hurriyati, R. (2010). “Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen”. Bandung: Alfabeta.
Ismanto, Kuat., Nasrullah, M., dan Nalim. (2017). “Perceptions and Reconstruction of Customers’ Trust of Baitul Maal wa Tamwil (BMT) in Pekalongan”. International Journal of Islamic Business and Economics: IAIN Pekalongan.
Jalaluddin. (2010). “Psikologi Agama”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada hlm. 257.
Karim, Adiwarman. (2002). “Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2005). “Pemasaran Bank”. Jakarta: Kencana.
Komite Keuangan dan Ekonomi Syariah. Roadmap. Diakses 2020. https://knks.go.id/isuutama/6/penyusunan-roadmap-pengembangan-baitul-maal-wat-tamwil-bmt-di-indonesia
Kotler, Philip. (2002). “Manajemen Pemasaran Jilid 1”. Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.
Kotler, Philip. (2005). “Manajemen Pemasaran”. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip & Keller, K. L. (2012). “Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid I”.
Kotler, Philip & Keller, K. L. (2017). “Marketing Management”. Global Edition, Edinburgh Gate, England: Pearson Education Limited.
Kristiyadi dan Hartiyah, Sri. (2016). “Pengaruh Kelompok Acuan, Religiusitas, Promosi, dan Pengetahuan Tentang Lembaga Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (Studi Kasus BMT TAMZIS Wonosobo”. Jurnal: Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo.
Lubis, A. A. (2018). “Analisis Aspek Religiusitas Terhadap Etika Bisnis Pedagang Pasar Muslim Pusat Pasar Kota Medan”. Jurnal: Dusturiah, 7(1).
Lupiyoadi, Rambat. (2001). “Manajemen Pemasaran dan Jasa”. Jakarta: Salemba Empat.
Malhotra, N. K. (2010). “Marketing Research An Applied Orientation 6th”. New Jersey: Pearson Addison Wesley.
Mariyono, Joko. (2013). “Determinants of Customers in Selecting Sharia Banking System for Saving in East Java-Indonesia”. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura: Universitas Pancasakti.
McCarthy, J.E. (1968). “Basic Marketing”. A Managerial Approach: Wikipedia Indonesia.
Mualim, A. (2003). “Persepsi Masyarakat Terhadap Lembaga Keuangan Syariah”. Al-Mawarid, 10.
Najib, Mohamad Ainun. (2017). “Penguatan Prinsip Syariah pada Produk Bank Syariah”. Jurisprudence Vol. 7 No. 1: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Banten.
Oliver, Sandra. (2006). “Strategi Public Relations”. Jakarta: Erlangga.
Otoritas Jasa Keuangan. Kanal IKNB. Diakses 2020. https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/direktori/direktori-iknb/Default.aspx
Pritandhari, Meyta. (2015). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada BMT Amanah Ummah Sukoharjo)”. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.
Qoudarsi, Diana. (2011). “Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran dan Komunikasi Terhadap Minat Nasabah untuk Menabung di BMT (Penelitian pada BMT Nur I’anah Plered Cirebon). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Radiosunu. (2001). “Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Praktis”. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Rahmawati, Dina. (2016). “Pengaruh Faktor Promosi, Lokasi, Religiusitas, Pelayanan, dan Reputasi Terhadap Keputusan Anggota Menyimpan Dana di BMT Hira Cabang Tanan”. Skripsi: IAIN Surakarta.
Reni & Alhifni, A. (2019). “Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Minat Masyarakat Menabung di Lembaga Keuangan Mikro Syariah”. Jurnal Syarikah: Universitas Djuanda Bogor.
Romdhoni, Abdul Haris dan Ratnasari, Dita. (2018). “Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas Terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam: STIE AAS Surakarta.
Saha, Parmita dan Zhao, Yanni. (2005). “Relationship Between Online Service Quality and Customer Satisfaction A Study in Internet Banking”. Thesis.
Shaleh, A. R. (2008). “Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam”. Prenada Media.
Siregar, Syofian. (2013). “Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan Spss”. Jakarta: Kencana.
Sugema, I, Bakhtiar, T & Effendi, J. (2009). “Keunggulan Sistem Keuangan Berbasis Bagi Hasil dan Implikasinya pada Distribusi Pendapatan”. Jurnal Keuangan dan Perbankan, vol. 13, no. 3, pp. 506-517.
Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. (2006). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi VI”. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sukron, S. (2012). “Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah di Bank BNI Syariah Cabang Semarang”. Doctoral Dissertation: IAIN Walisongo.
Suliyanto. (2011). “Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan Spss”. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM).
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 Pengganti Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.
Wati, Ema Rahma. (2019). “Faktor yang Mempengaruhi Minat Pedagang Dalam Menabung di BMT (Studi Kasus Pasar Pagi (Templek) Desa Gantiwarno Kecamatan Pekalongan)”. Skripsi: IAIN Metro.
Widyarini dan Yuliana, Wahyu. (2019). “Faktor Pengaruh Minat Membayar Zakat Mal Studi pada LAZ Baitul Mal MJK di Yogyakarta”. Jurnal Az Zarqa’: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Zakariah, M., Zakariah, M. Askari., Astuti, Dwi Puji., Ridwan., dan Maryam, Sri. (2018). “Analysis Factor of Marketing Strategy of Funding Decision of Customers Choose Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) in Kolaka Regency, Indonesia”. Jurnal Ekonomi Bisnis Syariah: STAI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, Sulawesi Tenggara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Accounting, Management and Islamic Economics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

