PENGARUH PERSEPSI HARGA, LOKASI, CITRA MEREK DAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK HALAL RESTORAN CEPAT SAJI MILIK LUAR NEGERI

Authors

  • Nurul Aulia Safira Indonesia Banking School
  • Alvien Nur Amalia Indonesia Banking School

Keywords:

price perception, location, brand image, halal certification and purchase decisions

Abstract

This study aims to discuss what influences influence purchasing decisions on halal products of foreign-owned fast food restaurants. The independent variables obtained from the preliminary survey results are Price Perception, Location, Brand Image and Halal Certification. While the dependent variable obtained is the purchase decision. Methods of data analysis using Variance Based Structural Equation Modeling Partial Least Square (PLS). The population is residents living in South Jakarta, with a sample of 200 respondents. The sampling technique uses convenience sampling. By using a quantitative descriptive approach. The results of this study indicate that Price Perception has a significant positive effect on purchasing decisions, Location has a significant positive effect on purchasing decisions, Brand Image has a significant positive effect on purchasing decisions and Halal Certification has a significant positive effect on purchasing decisions.

References

Adipradja,B. A., dan Listiani, A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mendorong konsumen dalam memilih restoran McDonald’s Surabaya. E- Jurnal Riset Manajemen Perhotelan.

Andriansyah, Arifin dan Rachmat S. (2017). Pengaruh label halal,citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Teh Racek (Studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Islam Malang). e – Jurnal Riset Manajemen.

Ambolau, M. A. P., Kusumawati, A., dan Mawardi, M. K. (2015). The Influence of Brand Awareness and Brand Image on Purchase Decision (Study on Aqua Consumers in Administrative Science Faculty Brawijaya University). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 1–8.

Amirullah. 2015. “Populasi dan Sampel” Penerbit : Bayumedia Publishing Malang.

Alma, B. (2014). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Edisi revisi, Jilid 1. Bandung CV. Alfabeta.

Alfian, Marpaung. (2017). Analisis pengaruh label halal, brand dan harga terhadap keputusan pembelian di kota Medan. At-Tawassuth, 2(1), 122- 145. e – Jurnal Riset Manajemen.

Al-Qur’an dan terjemahannya. (2012). Departemen Agama Republik Indonesia. Jakarta: Bumi Restu.

Al Ghazali, ihya’ Ulumuddin, jilid V, Terj: Islamil Yakub, C.V. Faizan, Jakarta, 1985

Bramantya, Y. B., & Jatra, I. M. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5(3).

Brata, Baruna Hadi., Husani, Shilvana., dan Ali, Hapzi. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies. 1 (2), 433-445. ISSN: 2415-6671.

Birusman Nuryadin M, Harga Dalam Prespektif Islam, jurnal, Vol. Iv, No. 1, juni 2007

Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 430–439.

Currie, Janet., Vigna, Steffano D., Moretti, Enrico., dan Pathania, Vikram. (2010). The Effect of Fast Food Restaurants on Obesity and Weight Gain. American Economis Journal: Economic Policy. 2(3), 32-63.

Colliers Internasional Indonesia (2014) .Mengenai Pertumbuhan Ekspatriat di Indonesia.

Edstrom, A., & Galbraith, J. R (1977). Alternative policies for international transfer of managers. Management International Review, 17(2), 11-22

Fatlahah. (2013). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian es krim Wall’s Magnum. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 472- 485.

Fatmawati dan Pramintasari (2013). Pengaruh Keyakinan Religius , Peran Sertifikasi Halal , Paparan Informasi , dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal, 734–766. Jurnal Riset Manajemen.

Garib, W. B., Lapian, S. J., & Mananeke, L. (2019). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Pt. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Malalayang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) dilengkapi software smartpls 2.0. Xlstat 2014 dan WarpPLS 4.0. Edisi 4. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, Siswoyo (2017) .Metode SEM untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL PLS.

Hidayat, R. S., & Sutopo, S. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Warung Spesial Bebek Goreng Andalan). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1168-1177.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta. Journal of Management

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). New Jersey: Pearson Education . Journal of Management

Kotler, Philip., and Keller, K. Lane. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc. Journal of Management

Karim, B., Altje, T., dan Soepeno, D. (2015). Jurnal pengaruh fasilitas, strategi promosi dan lokasi terhadap keputusan menggunakan jasa pada muscle Gym Manado. Jurnal EMBA, 3(1), 502–513. Journal of Management

Kotler, P., and Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga. Journal of Management

Kotler, P., and Amstrong, G. (2013). Principles of Marketing, 13th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga. Journal of Management

Nursanti, W., dan Tielung, M. (2014). The effects of halal (Permissible) food labeling on Islam customer purhase decision in Solaria Restaurant Manado, 2(3), 1264–1272. Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 4(2).

Othman, Shaarani., and Bahron. (2016). Evaluation of knowledge, halal quality assurance practices and commitment among food industries in malaysia. British Food Journal, CVIII(8).

Pamungkas, Bagas Aji., dan Zuhroh, Siti. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Komunikasi. 10 (2), 145-160. Journal of Management

Purwanto.(2012) Metodologi Penelitian kuantitatif untuk psikologi dan pendidikan.yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Polla, Febriano Clinton., Mananeke, Lisbeth., dan Taroreh, Rita N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan SEA. Jurnal EMBA. 6 (4), 3068-3077. ISSN: 2303-1174. Journal of Management

Rahayu, Ella. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Imam Market Kisaran. Journal of Science and Social Research. 1 (1), 7-12. ISSN 2615-4307. Journal of Management

Rafida, Nafi Nur and Hidayati , Retno (2019) analisis pengaruh persepsi harga, promosi penjualan, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada sabun mandi cair merek dettol (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Rizan, M., Handayani, K. L., dan RP, A. K. (2015). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedap). Jurnal Risiet Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 6(1), 457–478. Journal of Management

Rosady, R. S., & Kusumawardhani, A. (2018). Analisis pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap citra merek dan keputusan pembelian produk sepatu bata di kota semarang (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Setiawan, D., & Khasanah, I. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Suara Merdeka Pada Masyarakat Semarang. Diponegoro Journal of Management, 5(4), 132-142. Journal of Management

Syafrida. (2017). Sertikat halal pada produk dan minuman memberi perlindungan dan kepastian hukum hak-hak konsumen muslim. Adil: Jurnal Hukum, 7(2), 159–174.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta:Alfabeta.

Sukma, K. A. D. S. K., Nurcahya, I. K., & Suryani, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men’s Biore. E-Jurnal Manajemen, 5(7).

Sarwat. A. Lc., M.A. (2014). Halal atau Haram. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sekaran,Uma., dan Bougie, Roger. (2013). Metode penelitian untuk bisnis pendekatan pengembangan-keahlian. Edisi 6, Jakarta: Salemba Empat. Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis.

Sihaloho, Neni Maynita. 2012. Faktor-faktor yang Memengaruhi Pola Pemilihan Makanan Siap Saji Modern (Fast Food) Pada Pelajar di SMA Swasta Cahaya

Jurnal Sosiologi Nusantara Vol.4, No.1, Tahun 2018 |9 Medan. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara. Dapat diakses melalui:http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/34005.

Tjiptono, Fandi. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi. Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis.

Utami, C. W. (2012), Manajemen Ritel Strategi Dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat

Utomo, D. P., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Pelanggan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Super Sambel Semarang Cabang Lamper). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 224-234.

Wang, Y. H., & Chen, L. Y. (2016). An empirical study of the effect of perceived price on purchase intention evidence from low-cost carriers. International Journal of Business and Social Science, 7(4), 97-107.

Widyaningrum., dan Wahyu, P. (2016). Pengaruh label halal dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. Ekonomi Syariah Indonesia, VI (12).

Downloads

Published

2024-12-24
Abstract Views: 16 | File Downloads: 17