PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP MATA KULIAH ETIKA BISNIS DAN PROFESI AKUNTANSI DIPANDANG DARI SEGI GENDER (Studi kasus pada mahasiswa akuntansi yang belum/sudah mengikuti mata kuliah etika bisnis dan profesi akuntansi di STIE Indonesia Banking School)
Keywords:
gender, not yet/already taking courses, business ethics, accounting professionAbstract
This study aims to find out whether there are differences in the perceptions of accounting students towards business ethics and the accounting profession based on gender and those who have not/have taken courses in business ethics and the accounting profession. The population or objects in this study are active students majoring in accounting at STIE Indonesia Banking School batches of 2019, 2020, 2021 and 2022. The sample selection method used is Convenience Sampling. The results of the study show that: (1) There is no difference in perceptions of accounting students towards business ethics and the accounting profession in terms of gender, and (2) There are differences in perceptions between accounting students who have not and have taken courses in business ethics and the accounting profession.
References
Abdullah, M. (2006). Pengantar Studi Etika. Edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Adriana, P. (2018). Pengaruh Pendidikan Etika Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. El Muhasaba: Jurnal Akuntansi, 9(2), 1-16.
Agustina, R., Suarniki, N., & Suyanti. (2017). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Berdasarkan Gender terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi (Studi Kasus: PTS dan PTN di Kota Banjarmasin). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 142-155.
Anastasyah, D., & Hidayat, H. (2017). Perbedaan Persepsi Tentang Etika Bisnis Pada Mahasiswa Yang Belum dan Sudah Mempelajari Mata Kuliah Etika Bisnis Pada Prodi Akuntansi Di Perguruan tinggi Kota Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(2), 204 - 212.
Andrian, P., & Ali, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Kode Etik Akuntan Profesional Yang Berlaku Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2), 1-12.
Bertens. (2000). Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius.
Coate, C., & Frey, K. (2000). “Some Evidence on the Ethical Disposition of Accounting Students : Context and Gender Implications. Teaching Business Ethis, 4(4), 379-404.
Damyati, M. (1989). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Direktur Jendral Pendidkan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Davidoff, L. (1988). Psikologi Suatu Pengantar. Edisi Kedua Jilid 1. (M. Jumiati, Trans.) Jakrta: Erlangga.
Denita, Y. R. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi Dipandang Dari Segi Gender (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). Malang: Universitas Islam Malng.
Dewi , D. M., & Wahdi, A. (2020). Bisnis dan Perencanaan Bisnis Baru. Yogyakarta: Deepublish.
Draft, L. (2006). Management-Manajemen. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Ekayani, N. S., & Adiputra, I. P. (2018). Persepsi Akuntan dan Mahasiswa Bali Terhadap Etika Bisnis. Ba;i: Universitas Warmadewa Denpasar.
Fauziyyah, N. (2019). Persepsi Etis Mahasiswa Terhadap Isu Etika Bisnis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta Yang Memiliki Program MAKSI dan PPAK). ACCOUNTING GLOBAL JOURNAL, 3(1), 15-30.
Firdausi, N. (2021). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Etika Bisnis Pada Perguruan Tinggi Di Jember. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.
Gibson, J. (1994). Organisasi Perilaku, Struktur dan Proses. (D. Wahid, Trans.). Jakarta: Erlangga.
Keraf, A. (1998). Etika Bisnis: Tuntutan dan Relevansinya. Edisi Baru. Yogyakarta: Kanisius.
Ludigdo, & Machfoeds. (1999). Persepsi Akuntan dan Mahasiswa tentang Etika. Jurnal Riset akuntansi Indonesia, Vol. 2, No. 1, Januari, 1-19.
Mardana, I. S. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi di Pandang dari Segi Gender. Malang: Universitas Islam Malang.
Mardawati, R., & Aisyah, M. N. (2016). Pengaruh Orientasi Etis, Gender, dan Pengetahuan Etika Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Atas Perilaku Tidak Etis Akuntan. Jurnal Profita, 1-15.
McNair, & Nillam. (1993). Ethics and Accounting Education. Journal of Business Ethics 12. Retrieved from www.spinger.com
Movanita, A. N. (2019, September 10). Dugaan Eksploitasi Anak dan Regulasi yang Menyandung PB Djarum.
Novanti, V. T. (2019). Persepsi Mahasiswa Akuntan dan Akuntan Terhadap Etika Bisnis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Pratley, P. (1997). The Essence of Business Ethics: Etika Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Riadi, E. (2014). Metode Statistika Parametrik dan Non Parametrik untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Pendidikan. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Ruch, F. (1997). Psikologi dan Kehidupan. Edisi 7. Jakarta: Erlangga. Ruch, F. (1997). Psikologi dan Kehidupan. Edisi 7. Jakarta: Erlangga.
Ruch, F. (2006). Management-Manajemen. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Rumiyanti, V. (2007). Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Etika dalam Bisnis (Studi pada Tiga Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Siska My, A., & Anggraini, D. (2022). Etika Profesi Akuntan ditinjau dari Persepsi Akuntan dan Mahasiswa Akuntansi. Management & Accounting Expose, 5(1), 59-69.
Sjioen, A. E. (2021). Etika Bisnis. Klaten: Lakeisha.
Sudarmanto, E., & dkk. (2021). Good Corporate Governance (GCG). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhendi, C., & Zullanita. (2013). Persepsi Akuntan dan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi Akuntan. Jurnal Akuntansi Indonesia, 3(2), 147-156.
Walgito, B. (1994). Pengantar Psikologi Umum. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi.
Warren, N., & Reevefes. (1999). Prinsip-prinsip Akuntansi (19 Jilid 1 ed.). Jakarta: Erlangga.
Wati, M., & Sudibyo, B. (2016). Pengaruh Pendidikan Etika Bisnis dan Religiusitas Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. Journal Economia, 12(2), 183 - 201.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Accounting, Management and Islamic Economics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.