PENGARUH PERTUMBUHAN BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PERTUMBUHAN LABA BERSIH DAN PENJUALAN

Authors

  • Muhammad Ariz Al Warits Indonesia Banking School
  • Dikdik Saleh Sadikin Indonesia Banking School

Keywords:

Covid-19, Production Cost, Promotional Cost, Net Profit Sales

Abstract

This study aims to find out above the relationship between Production Cost and Promotion Costs on Net Profit and Sales. This study used data from 26 companies in various industrial sectors listed on the Indonesia Stock Exchange. The sampling technique in this study uses a purposive sampling technique with predetermined criteria. The research method used in this research is multiple linear regression analysis technique using E-views 9 software. The results of this study show that the growth of Production Cost and promotion costs does not affect the growth of the net profit. However, Production Cost Growth has a positive effect on sales Growth and Promotion Cost Growth has no effect on Sales Growth.

References

Ammy, B. (2020). Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih Perusahaan dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Moderating Pada perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019. Murni 1, 462–473.

Bani Saad, M. A. (2019). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pergantian Auditor, dan Ukuran Kantor Akuntan Publik Terhadap Audit Delay Pada Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia Bidang Kajian Sektor Privat (Sistem Informasi, Pengauditan, dan Etika Profesi). AkunNas.

Fathony, A.A., & Wulandari, Y. (2020). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada PT. perkebunan Nusantara VIII. Jurnal Ilmiah Akuntansi (AKURAT), Vol. 11, No. 1, 43-54.

Felicia, R. G. (2018). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas, dan Biaya Promosi terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, Vol. 1 No. 1, 1-12.

Harahap, S. S. (2007). Teori Akuntansi, Edisi Revisi, Cetakan Ketujuh. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hansen, D. R. & Mowen, M. M. (2009). Akuntansi Manajerial, Edisi Kedelapan. Jakarta: Salemba Empat.

Jumingan. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan keenam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Juwariyah, N., & Rosyati. (2021). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih yang Dimediasi oleh Volume Penjualan (Studi Pada PT. Unilever Indonesia Tbk Periode Tahun 2015-2019). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan, Vol. 4, No.1, 55-64.

Masruroh, D., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Motor Pada Sentral Yamaha Jember Tahun 2016-2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 13, No. 2, 49-54.

Muslim, M. T. (2020). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Laba Bersih Pada PT. Unilever Indonesia Tbk Periode 2006-2013. Jurnal Ilmu Manajemen Retail (JIMAT), 1(2) https://doi.org/10.37150/jimat.v1i2.983, 56-64.

Nadiah, F., Rum, R. M., & Vhika, H. (2022). Effects of Production Costs and Operating Costs on Profit of PT Semen Baturaja (Persero ) Tbk. 3(1), 18–24.

Ramadhan, F. Z. (2015). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih (Case on Manufacturing Company of Industry Sub-Sectors of the Consumer Goods Industry Cigarettes Listed in Indonesia Stock Exchange.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Subramanyam, J. J. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Widyawati, N., Dina, M. P., & Prasetyorini, J. (2020). Analisis Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Terhadap Volume Penjualan di Perusahaan Manufaktur. Spirit Pro Patria (E-Journal), Vol. 6, No. 1, 25-35.

Zubir. (2022). Pengaruh Biaya Produksi dan Harga Pokok Penjualan Terhadap Volume Penjualan Pada Sektor Otomotif dan Komponennya di BEI. Journal in Management and Entrepreneurship (JOTIKA), Vol. 1, No. 2, 94-100.

Downloads

Published

2023-12-16
Abstract Views: 39 | File Downloads: 20