Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Respontibility, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Nilai Perusahaan Studi terhadap Perusahaan LQ 45 yang terdaftar di BEI Tahun 2018-2022
DOI:
https://doi.org/10.35384/jkp.v20i2.569Keywords:
CSR, ROA, DER, Tobin S`QAbstract
Nilai perusahaan menjadi Nilai perusahaan menjadi satu indikator penting di pasar modal bagi pemangku kepentingan. Pergerakan nilai tersebut dapat di pengaruhi oleh banyak hal dan akan menjadi gambaran sejauh mana kapasitas kesuksesan perusahaan. Penelitian ini meninjau sejauh mana pengaruh Pengukapan Corporate Social Respontibility (CSR) , sebagai ukuran penting aspek kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar Pengaruh Profitabilitas sebagai rasio penting dalam mengukur keuntungan dan solvabilitas sebagai rasio sejauh mana perusahaan mampu untuk membayarkan kewajiban nya, terhadap nilai perusahaan sector LQ 45 yang terdaftar di BEI selama periode 2018-2022 yang berjumlah 45 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Profitabilitas tetap menjadi pertimbangan penting untuk perusahaan namun demikian hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa CSR berdasarkan GRI 4 memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dan solvabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan
References
Anwar, Sumual, C. J. E., Muliati, & Lestari, R. O. (2021). Profitabilitas dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Akuntabel, 18(1), 82–90.
Ariyati, L. S. (2020). Pengaruh Struktur Modal Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. 9(1), 1–13.
Barus, R., & Maksum, A. (2011). Analisis pengungkapan informasi corporate social responsibility dan pengaruhnya terhadap return saham. Jurnal Akuntansi Dan Auditing Indonesia, 15(1).
Butar, B. B. B. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan BUMN).
Candra, A. G., & Cipta, W. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Profesi, 13(1), 71– 81.
Emeli, N. M., & Nike Meiske. (2022). Emeli, Nike Meiske 2022.
Ernawati, D. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi 4.4.
Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Ghozali, I., & Ratmono, D. (2013). Analisis multivariat dan ekonometrika: Teori, konsep, dan aplikasi dengan EVIEWS 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitman, L. J. (2003). Principles of Managerial Finance. Boston: Pearson Addison Wesley. Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hadiwibowo, F., & Sufina, L. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Ter-daftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019).
Jufrizen, J., & Al Fatin, I. N. (2020). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Return On Assets Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 4(1), 183–195.
Lestari, K. A., Titisari, K. H., & Suhendro, S. (2021). Analisis nilai perusahaan ditinjau dari profitabilitas, likuiditas, struktur modal, kebijakan dividen dan kepemilikan manajerial. Inovasi, 17(2), 248–255.
Murnita, P. E. M., & Putra, I. (2018a). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan leverage sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(2), 1470–1494.
Murnita, P. E. M., & Putra, I. (2018b). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan leverage sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(2), 1470–1494.
Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 49–55.
Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 149–157.
Sinaga, V. K., Sari, S. I., Halim, E., & Sisilia, M. (2021). Pengaruh profitabilitas (ROA), likuiditas (CR), dan solvabilitas (DER) terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(4), 799–808.
Sparta, & Sujati, L. (2013). Analisis Pengaruh Earnings Per Share (EPS), Price Earnings Ratio (PER), Return On Equity (ROE) Dan Return On Assets (ROA) Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Properti, Real Estate. In Lisya Sujati & Sparta 77 Ultima Accounting (Vol. 5, Issue 1).
Sutopo, D., Rokhmawati, A., & Andreas. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai perusahaan dengan Corporate social Responsibility (CSR) sebagai variabel mediasi. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 10(4), 695–719.
Unsulangi, C. J. J. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Non- Cyclicals Terdaftar Periode 2017-2021.
Yoon, B., & Chung, Y. (2018). The effects of corporate social responsibility on firm performance: A stakeholder approach. Journal of Hospitality and Tourism Management, 37, 89–96.