Analisis Tingkat Literasi Keuangan Personal Berdasarkan Faktor-faktor Demografi Serta Pengaruhnya Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa STIE Indonesia Banking School di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.35384/jemp.v4i3.210Keywords:
literasi keuangan, perilaku keuangan, pengambilan keputusan keuanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran literasi keuangan pribadi dan perilaku keuangan ma-hasiswa S1 STIE IBS berdasarkan faktor sosial demografi. Dengan mengambil sampel sebanyak 87 orang siswa yang sudah mengambil mata pelajaran manajemen keuangan, kuesioner sebagai sumber data utama disebarkan kepada responden. Survei literasi keuangan diukur dengan menggunakan 27 item soal pilihan ganda kemudian dihitung skornya berdasarkan persentase jawaban benar. Karakteristik responden terdiri dari jenis kelamin, jurusan, IPK, memiliki kartu kredit atau tidak, pendidikan orang tua, penghasilan orang tua, dan tinggal bersama orang tua yang tinggal sendiri. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi jurusan manajemen dengan IPK berkisar antara 2,75-3,25 yang tinggal bersama orang tua cenderung memiliki literasi keuangan yang lebih tinggi. Namun berdasarkan rata-rata literasi keuangan terlihat bahwa literasi keuangan siswa IBS masih rendah, karena rata-rata skor jawaban benar survei secara keseluruhan adalah 46,83% kurang dari 60%, yang berarti literasi keuangan siswa IBS masih rendah. siswa berada di level rendah. Responden juga menunjukkan perilaku keuangan sebagian dari money management terutama ketika berhadapan dengan dana yang mendesak dan pengambilan keputusan keuangan, sedangkan mereka tidak menunjukkan bagian dari proses penganggaran sebagai bagian dari money management.References
Andrew, V. & Linawati, N., 2014. Hubungan Faktor Demografi dan Pengetahuan Keuangan dengan Perilaku Keuangan Karyawan Swasta di Surabaya. FINESTA Vol. 02 No. 02 p. 35-39.
Chen, Haiyang & Volpe, Ronald. P., 2002. Gender Differences in Personal Financial Literacy Among College Students. Financial Services Review 11 (2002) p. 289-307.
Harli, F.C., Linawati, N. & Memarista, G., 2015. Pengaruh Financial Literacy dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Konsumtif. FINESTA Vol. 03 No. 01 p. 58-62.
Irnawati, I., Susilaningsih & Ivada, E., 2013. Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jupe UNS Vol 2 No. 1 p. 48-58.
Jorgensen, Bryce L., Parents, Educators and the Financial Literacy of Young Adults.
Mendari, A.S. & Kewal, S.S., 2013. Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa STIE Musi.
Nababan, D. & Sadalia, I., 2013. Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
Rita, M.R. & Pesudo, B.C.A., 2014. Apakah Mahasiswa Sudah Melek Keuangan? Dinamika Akuntansi Keuangan dan Perbankan, Mei 2014, p. 58-65.
Shaari, N.A., Hasan, N.A., Mohamed, R.K.MH., Sabri, M.A.J.M., 2013. Financial Literacy: A Study Among The University Students. Interdisiplinaery Journal of Contemporary Research in Business, June, Vol 5 No.2.
Susanti, 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Titman, S., Keown, A.J., & Martin J.D., 2011. Financial Management Principles and Applications. 11th edition. Pearson.
thismatter.com/money/investments/behavioral-finance.htm
cambridgedictionary.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.